Peran Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Meningkatkan Hubungan Eksternal Di Madrasah Aliyah (Ma) Wahid Hasyim Balung-Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Khoirunnisy, Titis (2018) Peran Hubungan Masyarakat (Humas) Dalam Meningkatkan Hubungan Eksternal Di Madrasah Aliyah (Ma) Wahid Hasyim Balung-Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
TITIS KHOIRUNNISY_ 084 143 053.pdf

Download (33MB)

Abstract

Humas merupakan panca indra bagi lembaga pendidikan, tanpa adanya humas sekolah tidak akan bisa mencapai tujuanya dengan baik, adanya peran humas madrasah bisa mengembangkan madrasahnya menjadi madrasah yang berkualitas. Dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat, humas memiliki tugas yang tidak ringan, membangun dan mempertankan brand sebuah lembaga pendidikan juga sangat bergantung kepada kontribusi serta peran humas dalam sebuah lembaga pendidikan tersebut. Adapun masalah-masalah dalam penelitian ini difokuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana peran hubungan masyarakat dalam meningkatkan hubungan eksternal secara langsung di MA Wahid Hasyim Balung Jember tahun pelajaran 2017/2018 ? 2) Bagaimana peran hubungan masyarakat dalam meningkatkan hubungan eksternal secara tidak angsung di MA Wahid Hasyim Balung Jember tahun pelajaran 2017/2018 ?. 3)Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat peran hubungan masyarakat dalam meningkatkan hubungan eksternal di MA Wahid Hasyim Balung Jember tahun pelajaran 2017/2018 ? Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan peran hubungan masyarakat dalam meningkatkan hubungan eksternal secara langsung di MA Wahid Hasyim Balung Jember tahun pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan peran hubungan masyarakat dalam meningkatkan hubungan eksternal secara tidak angsung di MA Wahid Hasyim Balung Jember tahun pelajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat peran hubungan masyarakat dalam meningkatkan hubungan eksternal di MA Wahid Hasyim Balung Jember tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian digunakan melalui pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Humas MA Wahid Hasyim Balung-Jember sudah menjalankan peranya dalam meningkatkan hubungan eksternal secara langsung, hal itu terlihat pelibatan langsung humas dalam pelaksanakan kegiatan yang diadakan oleh humas. 2) Humas MA Wahid Hasyim Balung-Jember sudah peningkatan hubungan eksternal dengan Stakeholders sekolah secara tidak langsung, terlihat dari usaha dan peranya membangun hubungan dengan khalayak umum untuk memasarkan dan mempromosikan lembaga. 3) Faktor pendukung peran humas yaitu adanya peran alumni dan partisipasi masyarakat sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya waktu yang dibutuhkan oleh humas serta kurangnya dana dari madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:04
Last Modified: 12 Dec 2023 07:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30187

Actions (login required)

View Item View Item