Model Kepemimpinan Situasional Kepal Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Mts Mukhtar Syafa’at Blokagung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017.

ernawati, fitri (2017) Model Kepemimpinan Situasional Kepal Madrasah dalam Meningkatkan Kompetensi Guru di Mts Mukhtar Syafa’at Blokagung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
FITRI ERNAWATI _084133007.pdf

Download (25MB)

Abstract

Kata Kunci : Model Kepemimpinan Situasional, Kompetesi Guru Model kepemimpinan situasional merupakan model perilaku yang digunakan oleh seorang kepala madrasah atau pemimpin untuk mempengaruhi bawahannya untuk mencapai tujuan organisasi. Untuk mencapai tujuan orrganisasi sekolah, sebagai seorang kepala sekolah tidaklah mudah dalam mewujudkan tujuan, maka seorang kepala madrasah harus berusaha melakukan peningkatan pada 4 kompetensi guru, yaitu: komepetensi pedagogik, kompetensi proesional, kompetensi sosial dan kompetensi kepribadian. Fokus penelitian adalah : 1) Bagaimana model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru?, 2) Bagaimana model kepemimpinan situasional kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru?, 3) Bagaimana model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru?, dan 4) Bagaimana model kepemimpinan kepala madrasah alam meningkatkan kompetensi kepribadian guru?. Tujuan penelitian ini adalah :1) Untuk mendiskripsikan model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, 2) Untuk mendiskripsikan model kepemimpinan situasional kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru, 3) Untuk mendiskripsikan model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru, dan 4) Untuk mendiskripsikan model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan dalam menentuka subjek penelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Metodepengumpulan data dengan observasi partisipatif, interview bebas terpimpin, dokumenter. Dengan mengambil sumber data dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, dan guru, adapun analisa data dalam penelitian ini yaitu, Data Reduction, Data Display, Verification.Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah : 1) Model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru adalah mengikutsertakan guruguru dalam kegiatan pelatihan, 2) Model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi profesional guru adalah melakukan studi banding dengan sekolah-sekolah yang lebih maju, 3) Model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi sosial guru adalah Mengikutsertakan dalam pertemuan wali murid, dan 4) Model kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi kepribadian guru adalah memberi arahan kepada guru-guru yang melanggar aturan yang ada di MTs Mukhtar Syaf’at dengan menegur agar nantinya dapat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:36
Last Modified: 12 Dec 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30188

Actions (login required)

View Item View Item