Tipe kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Darussalam Sumber Jambe Jember

JAMHURI, Mr. (2017) Tipe kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Darussalam Sumber Jambe Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
JAMHURI_084 123 031.pdf

Download (22MB)

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi berdasarkan bahwa salah satu penentu keberhasilan pendidikan adalah pemimpin, karena pemimpin memiliki kekuasaan penuh untuk menentukan keberhasilan pendidikan dalam suatu lembaga. Fokus penelitian dalam sskripsi ini adalah: 1. Bagaimana tipe Kepemimpinan Kharismatik Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI. Darussalam Sumber Jambe Jember. 2 Bagaimana tipe Kepemimpinan Demokratis Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI. Darussalam Sumber Jambe Jember. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana tipe Kepemimpinan Karismatik Kepala Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Darussalam Sumber Jambe Jember. 2. Untuk mengetahui bagaimana tipe kepemimpinan Demokratik kepela Madrasah dalam meningkatkan kinerja guru di MI Darussalam Sumberjambe Jember. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan dalam menentukan subyek pnelitian, peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Metode dalam pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan mengambil sumber data dari kepala madrasah, wakil kepala madrasah, waka humas, waka kesiswaan, kepala TU, komite, dan guru. Adapun analisis data dalam penelitian ini yaitu data reduction, data display, dan verification. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Hasil penelitian adalah: 1 Kepala Sekolah berusaha memberikan contoh kepada bawahannya dalam melakuan pekerjaan dan tugas-tugasnya sebagai pemimpin sehingga menjadi pemimpin yang disegani dan berwibawa. 2. Kepala Sekolah mempunyai pengaruh kepemimpinan yang kuat karena selalu menjadi orang yang memberikan contoh kepada bawahannya. 3. Kepala Sekolah menginformasikan setiap ada permasalahan dan menganggap guru sebagai mitra kerja, dalam membuat keputusan bersama dan penyusunan program madrasah. 4. Kepala Sekolah memberikan kepercayaan atau pendelegasian dan kerja kelompok kepada guru-guru yang dianggap mampu untuk menduduki jabatan-jabatan dan kepanitian maupun dalam pelaksanaan pembelajaran dikelas. 5. Kepala Sekolah memberi dorongan dan bimbingan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab pada bawahannya. ix DAFTAR ISI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:36
Last Modified: 12 Dec 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30189

Actions (login required)

View Item View Item