PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI INOVATOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSABAQOH TILAWATIL QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018

firman noval, muhammad (2018) PERAN KEPALA MADRASAH SEBAGAI INOVATOR DALAM MENINGKATKAN MUTU PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER MUSABAQOH TILAWATIL QUR’AN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 2 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD FIRMAN NOVAL_084133045.pdf

Download (32MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember merupakan lembaga pendidikan yang memiliki andil cukup besar dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan untuk mengembangkan potensi peserta didik. Salah satu diantaranya yaitu seperti kegiatan ekstrakurikuler Musabaqoh Tilawatil Qur’an. Namun semua itu tidak akan berjalan dengan baik tanpa adanya peran seorang kepala madrasah sebagai inovator khususnya yang memegang peranan penting dalam sebuah lembaga. inovator akan tercermin dari cara-cara ia lakukan pekerjaannya secara konstruktif, kreatif, delegatif, integratif, rasional dan objektif, pragmatis, keteladanan, disiplin, serta adaptabel dan fleksibel. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Peran Kepala Madrasah sebagai Inovator dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Musabaqoh Tilawatil Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember ? 2) Apakah faktor pendukung dan penghambat Peran Kepala Madrasah Sebagai Inovator dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Musabaqoh Tilawatil Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan Peran Kepala Madrasah sebagai Inovator dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Musabaqoh Tilawatil Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. 2) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat Peran Kepala Madrasah Sebagai Inovator dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Musabaqoh Tilawatil Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Jember. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkah analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi metode dan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: 1) Peran Kepala Madrasah sebagai Inovator dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Musabaqoh Tilawatil Qur’an adalah dengan mengadakan kegiatan tahunan dalam bentuk Potensi, memberikan beasisiwa bagi peserta didik yang berprestasi, 2) Faktor pendukung dan penghambat Peran Kepala Madrasah Sebagai Inovator dalam Meningkatkan Mutu Peserta Didik Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Musabaqoh Tilawatil Qur’an yaitu kerjasama tim yang baik, kedisiplinan peserta didik itu sendiri,adanya pembimbing kegiatan ekstra yang profesional dan keterbatasan dana, lemahnya pengelolaan waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:36
Last Modified: 12 Dec 2023 07:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30190

Actions (login required)

View Item View Item