Manajemen Kinerja Berbasis Budaya Religius (Studi Kasus Di SMA 2 Negeri Jember).

YUSRON, NANANG (2017) Manajemen Kinerja Berbasis Budaya Religius (Studi Kasus Di SMA 2 Negeri Jember). Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
NANANG YUSRON_084 113 029.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manajemen kinerja adalah manajemen tentang menciptakan hubungan dan memastikan komunikasi yang efektif dan memfokuskan pada apa yang diperlukan oleh organisasi, manajer, pekerja untuk berhasil. Dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah juga sangat diperlukan manajemen kinerja yang baik agar tercipta budaya organisasi yang baik pula. Budaya religius merupakan pengembangan pendidikan yaitu mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran peserta didik untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah : 1). Apa saja Budaya Religius yang dikembangkan di SMA 2 Negeri Jember Tahun Pelajaran 2015/2016? 2). Bagaimana Pelaksanaan Kinerja Guru Berbasis Budaya Religius di SMA 2 Negeri Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang budaya religius yang dikembangkan dan pelaksanaan kinerja berbasis budaya religious di SMA 2 Negeri Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif , jenis penelitian menggunakan studi kasus, lokasi penelitian di SMA 2 Negeri Jember, sedangkan sumber data yang diperoleh dari pengumpulan data dengat teknik observasi non partisipan, wawancara bebas terstruktur, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dalam penelitian ini adalah 1). Budaya religius yang dikembangkan oleh SMA 2 Negeri Jember yaitu Sholat berjamaah, Asmaul Husna, dan Budaya 5S. Budaya tersebut memupuk kedisiplinan diri dari guru, karyawan dan siswa khususnya, sehingga tugas pokok dari masing-masing stakeholder bisa terpenuhi dengan maksimal dengan didasari rasa tanggung jawab dan kesadaran diri meskipun juga tidak mengenyampingkan tentang kesejahteraan dirinya bagi para guru dan karyawan 2). Pelaksanaan kinerja guru dan karyawan di SMA 2 Negeri Jember dilaksanakan dengan penuh kesadaran akan tanggung jawabnya karena diyakini bahwa melaksanakan kewajiban merupakan salah satu bentuk ibadah. Kemudian untuk menciptakan sistem yang baik dengan cara menerapkan SOP ( Standart Operasional Prosedural) dalam melakukan pekerjaan sehingga system yang dijalankan organisasi tersebut secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:35
Last Modified: 12 Dec 2023 08:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30192

Actions (login required)

View Item View Item