Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jajag Banyuwangi Tahun 2022/2023

Silvia Debora, Tata Wilsya (2023) Implementasi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jajag Banyuwangi Tahun 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SILVIA DEBORA TATA.W (SKRIPSI).pdf

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Pendidikan karakter pada anak usia dini belum sepenuhnya
berhasil dalam membangun karakter peserta didik menjadi orang baik. Hal ini
diduga salah satu sebabnya karena pendidikan karakter belum dapat diterima
dengan maksimal pada anak usia dini. Maka dari itu, perlu adanya suatu kegiatan
untuk menerapkan pendidikan karakter pada anak, salah satu kegiatan yang dapat
dilakukan yaitu bermain peran. Hal tersebut juga diterapkan di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal Jajag Banyuwangi melalui kegiatan bermain peran untuk
membentuk Pendidikan karakter pada anak.
Penelitian ini memiliki fokus penelitian yaitu : 1) Bagaimana Perencanaan
penanaman nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini melalui kegiatan
bermain peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jajag Banyuwangi tahun
2022/2023?, 2) Bagaimana pelaksanaan penanaman nilai-nilai pendidikan
karakter anak usia dini melalui kegiatan bermain peran di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal Jajag Banyuwangi tahun 2022/2023?. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1)
Untuk mendiskripsikan perencanaan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter
anak usia dini melalui kegiatan bermain peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal
Jajag Banyuwangi tahun 2022/2023, 2) Untuk mendiskripsikan pelaksanaan
penanaman nilai-nilai pendidikan karakter anak usia dini melalui kegiatan
bermain peran di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jajag Banyuwangi tahun
2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis
penelitian studi kasus. Obyek penelitiannya di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Jajag
Banyuwangi. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive.
Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Model analisis data yang dilakukan yaitu model interactif. Keabsaan
data dalam penelitian ini menggunakan truangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) perencanaan
kegiatan bermain peran untuk membentuk penanaman nilai pendidikan karakter
anak menggunakan beberapa langkah yaitu menentukan tema, membuat RPPH
serta menyiapkan alat media yang akan dibutuhkan. 2) pelaksanaan kegiatan
bermain peran membentuk penanaman nilai pendidikan karakter anak yaitu guru
menjelaskan materi tentang bermain peran, guru mengarahkan peserta didik cara
untuk memainkan peran, guru mendampingi peserta didik dalam kegiatan bermain
peran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Silvia Debora Tata Wilsya
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:52
Last Modified: 12 Dec 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30194

Actions (login required)

View Item View Item