Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Jember.

yusron arafat, ahmad (2016) Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Berbasis Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

This is the latest version of this item.

[img] Text
ahmad yusron arafat_2849113021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan dasar dan menengah harus interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum yang memiliki salah satu karakteristik yang sejalan dengan karakter dari pembelajaran aktif yaitu memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada peserta didik untuk menerapkan apa yang dipelajari di sekolah dan memanfaatkan sosial masyarakat sebagai sumber belajar. Salah satu hal yang tampak dengan penggunaan pendekatan saintifik (pelaksanaan pembelajaran peserta didik dengan cara mengamati, menanya, mencoba, menalar serta mengkomunikasikan), Fokus penelitian dalam implementasi manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berbasis kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Jember ini terdapat rincian fokus; (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berbasis kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Jember, (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berbasis kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Jember, (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berbasis kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, serta jenis penelitian berupa penelitian deskriptif. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik Uji keabsahan data yang digunakan adalah perpanjangan keikutsertaan, triangulasi sumber, diskusi sejawat. Sementara itu, Data dianalisis dengan melakukan langkah-langkah ; (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) verifikasi. Dari analisis data penelitian ini mendapat kesimpulan akhir, implementasi pembelajaran pendidikan agama Islam dan budi pekerti berbasis kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Jember, yang meliputi; perencanaan pembelajaran PAI dan budi pekerti berbasis kurikulum 2013, guru telah menganalisa silabus dan membuat RPP, mengenai pelaksanaan PAI dan budi pekerti berbasis kurikulum 2013 juga sesuai dengan pembelajaran yang melalui pendekatan saintifik serta mengacu pada kurikulum 2013, dan evaluasi pembelajaran ini masih belum maksimal dan memerlukan strategi lebih guna menerapkan secara baik PAI dan budi pekerti berbasis kurikulum 2013. Oleh karena itu, dalam penerapannya masih membutuhkan proses penyempurnaan untuk mendapatkan pembelajaran PAI dan budi pekerti berbasis kurikulum 2013 yang totalitas.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 12 Dec 2023 08:55
Last Modified: 12 Dec 2023 08:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30196

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item