PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA NEGERI ARJASA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Kurniawan, Ferdi (0031) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS X SMA NEGERI ARJASA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ferdi Kurniawan_T20191244.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Ferdi Kurniawan, 2023: Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMA Negeri Arjasa Tahun Pelajaran 2022/2023
Kata Kunci : problematika Implementasi Kurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, SMA Negeri Arjasa.
Demi memajukan pendidikan di Indonesia kementrian pendidikan kebudayaan riset dan teknologi mengeluarkan program Kurikulum Merdeka di mana sekolah yang dipilih mengimplementasikan kurikulum ini adalah sekolah penggerak, sekolah penggerak merupakan sekolah pelopor Implementasi Kurikulum Merdeka di wilayah sekitar sekolah tersebut, SMA Negeri Arjasa pada tahun pelajaran 2022/2023 terpilih untuk mengimplementasikan Kurikulum Merdeka untuk pertama kali. Peneliti ingin mengetahui bagaimana dampak dan problematika dari Kurikulum Merdeka jika diterapkan di sekolah yang siswanya mayoritas memiliki prestasi non Akademik. Peneliti juga mendapatkan informasi banyak guru dan siswa yang merasa kesulitan terhadap perubahan yang di bawa kurikulum merdeka oleh karena itu peneliti tertarik meneliti bagaimana kesulitan yang di alami guru, dan siswa dalam pengaplikasian Kkurikulum Merdeka ini.
Tujuan penelitian skripsi ini adalah: 1) Mendeskripsikan problematika pada perencanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajara Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA Negeri Arjasa tahun pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan problematika pada pelaksanaan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X SMA Negeri Arjasa tahun pelajaran 2022/2023.3) Mendeskripsikan problematika assesmen Kurikulum Merdeka dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas X di SMA Negeri Arjasa tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif studi kasus. Teknik pengumpulan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya dilakukan dengan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), penarikan kesimpulan (conclusion drawing/verificcation). Keabsahan data dengan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah 1) Problematika yang dihadapi guru dalam perencanan ini adalah sulitnya menyesuaikannya metode pembelajaran dengan gaya belajar siswa yang beragam, dan perlunya beradaptasi memperbanyak pengetahuan perencanan pembelajaran yang sesuai dengan IKM. 2) ditemukanya problematika meliputi aspek eksternal yang berupa pendidik yang masih menyesuaikan dengan kurikulum baru, sarana dan prasarana sekolah yang kurang maksimal, siswa yang pasif. Problematika yang siswa rasakan pada pembelajaran adalah fasilitas kelas kurang merata, guru terkadang hanya memberikan tugas, karena banyak tugas kelompok cenderung siswa yang pintar yang bekerja lebih keras, pembelajaran pada fase E cenderung banyak. 3) Problematika yang dihadapi ditahap assesmen ini adalah guru harus membuat assesmen lebih banyak dalam melaksanakan assesmen yang sesuai dengan tahapan perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mr Ferdi Kurniawan
Date Deposited: 13 Dec 2023 08:35
Last Modified: 13 Dec 2023 08:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30197

Actions (login required)

View Item View Item