Mengembangkan Kreativitas Santri Dalam menulis Alfabet Arab Melalui Kaligrafi di TPQ Darul Ulum Petung Glagasan Bangsalsari

Zulfa, Indana (2023) Mengembangkan Kreativitas Santri Dalam menulis Alfabet Arab Melalui Kaligrafi di TPQ Darul Ulum Petung Glagasan Bangsalsari. Undergraduate thesis, UIN KHAS Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI INDANA watermark-compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indana Zulfa, 2023: Mengembangkan Kreativitas Santri dalam Menulis Alfabet Arab Melalui kaligrafi di TPQ Darul Ulum Petung Glagasan Bangsalsari Tahun 2023

Kata Kunci: Mengembangkan Kreativitas, Menulis Alfabet Arab, Kaligrafi
Perkembangan dan kemajuan di bidang seni mengharuskan manusia untuk kreatif dan senantiasa terampil salah satunya dengan Pendidikan kreativitas, dalam hal ini peneliti mengambil tema kaligrafi. Dengan alasan bahwa anak-anak TPQ Darul Ulum belum semuanya mampu menulis Alfabet Arab terutama kaligrafi. Dan alasan lain peneliti mengambil kaligrafi karena seni kaligrafi sudah jarang ada pada Pendidikan saat ini, Untuk itu peneliti ingin menggali tentang seni kaligrafi lebih dalam dan memberikan pengetahuan lebih luas tentang mengembangkan kreativitas melalui kaligrafi.
Fokus pada penelitian ini adalah 1) Bagaimana mengembangkan kreativitas dalam menulis Alfabet Arab melalui kaligrafi di TPQ Darul Ulum Petung Glagasan Bangsalsari? 2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan kreativitas santri dalam menulis Alfabet Arab melalui kaligrafi di TPQ Darul Ulum petung Glagasan Bangsalsari.
Tujuan pada penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan terkait mengembangkan kreativitas santri dalam menulis Alfabet Arab melalui kaligrafi di TPQ Darul Ulum Petung Glagasan Bangsalsari. 2) Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung mengembangkan kreativitas santri dalam menulis Alfabet Arab melalui kaligrafi di TPQ Darul Ulum Petung Glagasan Bangsalsari.
Pendekatan yang dilakukan peneliti adalah kualitatif dengan jenis Studi kasus. Untuk Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan 1) Dalam mengembangkan kreativitas santri dalam menulis Alfabet Arab melalui kaligrafi terdiri dari tiga tahapan yakni persiapan yang meliputi pemilihan jenis kaligrafi sesuai kemampuan santri, menyiapkan peralatan yang akan digunakan. Tahap kedua adalah pelaksanaan yakni proses mencontohkan kaligrafi beserta tata caranya, kemudian kegiatan praktik kaligrafi langsung oleh para santri. Untuk tahap terakhir yakni mengevaluasi dengan mengapresiasi dan memberikan motivasi ditutup dengan doa dan salam. 2) Yang menjadi faktor pendukung dalam mengembangkan kreativitas dalam menulis alfabet Arab melalui kaligrafi adalah sarana dan prasarana yang diberikan oleh TPQ, semangat santri dalam mengikuti kegiatan kaligrafi, orangtua yang mendukung. Untuk faktor penghambat yakni waktu yang terbatas karena kegiatan kaligrafi dilakukan pada malam hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1904 Performing Arts and Creative Writing > 190402 Creative Writing (incl. Playwriting)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Indana Zulfa
Date Deposited: 18 Dec 2023 01:31
Last Modified: 18 Dec 2023 01:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30198

Actions (login required)

View Item View Item