IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS WALISONGO 3 BANYUANYAR KIDUL KECAMATAN BANYUANYAR PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017

millah, maziyyatul (2017) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI MTS WALISONGO 3 BANYUANYAR KIDUL KECAMATAN BANYUANYAR PROBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Maziyyatul Millah_084123075.pdf

Download (6MB)

Abstract

Manajemen dalam dunia pendidikan merupakan salah satu cara yang bisa diterapkan agar sebuah lembaga dapat berkembang dan bersaing dengan lembaga lainnya. Salah satunya manajemen yang dapat diimplementasikan dalam dunia pendidikan yaitu manajemen kelas yang bertujuan untuk bisa melaksanakan sebuah pembelajaran efektif dan efisien. Dengan manajemen kelas, peserta didik diharapkan mampu untuk meningkatkan prestasi belajar yang dimiliki serta mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana implementasi pengaturan peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar di MTs. Walisongo 3 Banyuanyar Kidul, Kec. Banyuanyar Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana implementasi pengaturan fasilitas dalam peningkatan prestasi belajar siswa di MTs. Walisongo 3 Banyuanyar Kidul, Kec. Banyuanyar Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pengaturan peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar di MTs. Walisongo 3 Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan pengaturan fasilitas dalam peningkatan prestasi belajar di MTs. Walisongo 3 Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs Walisongo 3 Jl. Masjid Besar Desa Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo. Penentuan informan menggunakan:teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan:observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan:data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun temuan penelitian ini yaitu : (1) Implementasi Pengaturan siswa di MTs Walisongo 3 Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo di dalam kelas di atur oleh guru. Gaya mengajar guru berpengaruh terhadap proses belajar mengajar di kelas. Untuk itu setiap guru berusaha untuk bisa mengelola kelas khususnya siswa. Implementasinya yaitu dengan cara guru melakukan pendekatan dengan siswa sehingga guru bisa lebih mudah mendisiplinkan siswa di kelas, membina tingkah laku siswa, memberikan pembelajaran yang kreatif dan inovatif dalam membangun minat dan gairah siswa, dan juga mengaktifkan dinamika kelompok untuk membangun kerja sama antar siswa di dalam kelas. (2) Implementasi pengaturan fasilitas di MTs Walisongo 3 Banyuanyar Kidul Kecamatan Banyuanyar Kabupaten Probolinggo sudah cukup untuk menunjang proses pembelajaran di dalam kelas. Implementasi pengaturan fasilitas yang ada di dalam kelas seperti ventilasi dan pencahayaan, kenyamanan, letak duduk, dan penempatan siswa, sudah cukup untuk pelaksanakan kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:06
Last Modified: 13 Dec 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30205

Actions (login required)

View Item View Item