Mengembangkan Kecerdasan Matematika Logis Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Geometri di Raudhatul Athfal Azidan Probolinggo Tahun Ajaran 2023/2024

Adhatul Ardhela, Jumroh (2023) Mengembangkan Kecerdasan Matematika Logis Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Geometri di Raudhatul Athfal Azidan Probolinggo Tahun Ajaran 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ADHATUL ARDHELA JUMROH_T20195079.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Adhatul Ardhela Jumroh, 2023: “ Mengembangkan Kecerdasan Matematika Logis Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Permainan Geometri Di Raudhatul Athfal Azidan Probolinggo”

Kata Kunci : Kecerdasan Matematika logis, Permainan Geometri
Kecerdasan matematika logis merupakan kemampuan dalam memahami angka, berhitung, menalar, dan berfikir logis dalam menyelesaikan masalah. Berdasarkan pengamatan peneliti di Raudhatul Athfal Azidan Probolinggo perkembangan kecerdasan matematika logis anak masih belum berkembang sesuai harapan guru, dibuktikan dengan beberapa anak masih belum mampu menyelesaikan puzzle dengan benar, masih belum maksimal dalam penyusunan permainan menara geometri, anak masih sering bertanya tentang bagaimana cara mengerjakan.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana mengembangkan kecerdasan matematika logis anak usia 4-5 tahun melalui puzzle di Raudhatul Azidan Probolinggo 2023/2024 ? (2) Bagaimana mengembangkan kecerdasan matematika logis anak usia 4-5 tahun melalui menara geometri di Raudhatul Athfal Azidan Probolinggo 2023/2024 ?
Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mengembangkan kecerdasan matematika logis anak usia 4-5 tahun melalui permainan puzzle di Raudhatul Athfal Azidan Probolinggo tahun ajaran 2023/2024. (2) Mengembangkan kecerdasan matematika logis anak usia 4-5 tahun melalui permainan menara geometri di Raudhatul Athfal 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian yaitu menggunakan teknik purposive teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif yakni menggambarkan kenyataan dan fakta sesuai dengan tujuan untuk mengembangkan kecerdasan matematika logis anak usia 4-5 tahun melalui permainan geometri. Keabsahan data dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: 1) Bermain puzzle dapat mengembangkan kercerdasan matematika logis semua anak di kelas A. 13 anak di kelas A kecerdasan matematika logisnya dapat berkembang sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan anak mampu mencocokan puzzle tanpa dibantu.
2) Bermain menara geometri dapat meningkatkan kecerdasan matematika logis, 14 anak kelas A berkembang dengan sangat baik, hal ini ditunjukkan dengan adanya anak dapat menyusun bentuk geometri dengan benar sesuai bentuk yang sama tanpa dibantu, memasukan bentuk geometri sesuai urutan hitungan, mampu menghitung lubang yang ada pada geometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Adhatul Ardhela Jumroh
Date Deposited: 19 Dec 2023 02:32
Last Modified: 19 Dec 2023 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30206

Actions (login required)

View Item View Item