Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa di MI Islamiyah Kedung Megarih Kembangbahu Lamongan Tahun Pelajaran 2016/2017.

WIJAYANTI, SRI (2017) Upaya Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa di MI Islamiyah Kedung Megarih Kembangbahu Lamongan Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
SRI WIJAYANTI_084133010.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Upaya Kepala Sekolah, Peningkatan Spiritual Quotient Keberhasilan dan kegagalan pemimpin pendidikan ditentukan oleh sifat dan gaya kepemimpinan lembaga pendidikannya, pemimpin pendidikan minimal memiliki kedewasaan (maturity), kecerdasan (IQ, EQ dan SQ), kepercayaan diri tinggi, konsistensi, ketegasan, kemampuan mengawasi, partnership dan lain-lain. Salah satu gaya pendekatan yang banyak dipakai dan memunculkan keberhasilan adalah kepemimpinan transformasional yang mencoba memunculkan kesadaran para pengikut atau bawahan dengan mengarahkan pada cita-cita, nilai-nilai moral yang lebih tinggi dan juga pada bentuk kesadaran humanity. Di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah merupakan lembaga pendidikan yang terakreditasi A, bahkan menjadi madrasah model binaan Kualita Pendidikan Indonesia (KPI) dan Yayasan Dana Sosial Al-Falah (YDSF) Surabaya, madrasah ini dipercaya masyarakat mampu merubah moral, akhlakul karimah, sifat dan tingkah laku siswa dengan adanya kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler yang mendukung kemampuan siswa, tidak hanya mengembangkan kemampuan intelektual siswa saja tetapi kemampuan spiritualnya juga. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana upaya kepala sekolah melalui kegiatan intrakurikuler dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kedung Megarih Kembangbahu Lamongan?, 2) Bagaimana upaya kepala sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kedung Megarih Kembangbahu Lamongan? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah melalui kegiatan intrakurikuler dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kedung Megarih Kembangbahu Lamongan, 2) Untuk mendeskripsikan upaya kepala sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Kedung Megarih Kembangbahu Lamongan. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penentuan informannya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisa data dalam penelitian ini dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian memperoleh kesimpulan bahwa :1) Upaya kepala sekolah melalui kegiatan intrakurikuler dalam meningkatkan spiritual quotient siswa dilakukan melalui pembelajaran BTA metode Ummi di sekolah, selain itu dilakukan melalui internalisasi nilai-nilai spiritual quotient siswa pada mata pelajaran baik agama, umum maupun khusus, yang mana antara IQ, EQ dan SQ ini seimbang, bertujuan untuk meningkatkan dan menyelaraskan antara IPTEK dan IMTAQ dalam satu mata pelajaran tanpa terkecuali. 2) Upaya kepala sekolah dalam meningkatkan spiritual quotient siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler diaplikasikan dalam berbagai kegiatan, seperti: istighosah dan tahlil, MTQ (Musabaqoh Tilawatil Qur’an), terbang jidor dan PHBI (Peringatan Hari Besar Islam).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:06
Last Modified: 13 Dec 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30209

Actions (login required)

View Item View Item