Haqq, Ahmad Dhiyaa Ul PENGELOLAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL QUOTIENT SISWA DI SMA UNGGULAN BPPT DARUS SHOLAH JEMBER. [Laporan Penelitian] (Unpublished)
Text
penelitian Ahmad Dhiyaa Ul Haqq.pdf Download (1MB) |
Abstract
Key word : Pengelolaan Pembelajaran, Spiritual Quotient
Tujuan Pendidikan Agama Islam adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga dapat membentuk peserta didik hidup sesuai dengan ajaran Islam, menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan dan ketakwaannya. serta memiliki kecerdasan spriritual (Spiritual Quotient) dalam memilih dan memutuskan serta berbuat dan bertindak berdasarkan nilai-nilai Islam dan bertanggung jawab sesuai nilai-nilai Islam.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Dalam penelitian ini, kedudukan peneliti bertindak sebagai instrument utama pengumpulan data. Dalam pemilihan informan, digunakan teknik purposive, selanjutnya, untuk memilih dan menentukan informan dalam penelitian ini, digunakan teknik snowball. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tekhnik, yaitu : observasi Parsitifatif, wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara verifikasi data, dengan cara ; mengecek metodologi yang telah digunakan untuk memperoleh data, mengecek kembali hasil laporan, dan triangulasi.
Hasil penelitian selama di lapangan sebagai berikut ; 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember melalui langkah-langkah; Menambahkan Pelajaran pengembangan dari Pendidikan Agama Islam. Stretegi; Guru menjadi Uswah bagi muridnya dan Program Pembiasaan Keagamaan Terhadap siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember diawali dengan persiapan dari sekolah berupa peraturan dan program pembiasaan, perangkat pembelajaran dan ayat-ayat motivasi. Kegiatan yang dilaksanakan adalah Apel pagi (doa bersama, motivasi), tadarus Al Quran, Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur berjamaah. Serta pembiasaan Daimul Wudhu. 3) Evaluasi pembelajaran PAI dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Menggunakan sistem pemantauan performa siswa. Evaluasi dilakukan oleh Guru PAI dibantu oleh semua guru Evaluasi Pembelajaran pembiasaan dilakukan setiap hari dan ditindak lanjuti setiap pekan. Hasil evaluasi digunakan untuk pengembangan pembelajaran selanjutnya.
Item Type: | Laporan Penelitian |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ahmad Dhiyya'ulhaqq |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 15:08 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 15:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/3021 |
Actions (login required)
View Item |