Manajemen Pembiayaan Berbasis Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Kencong Jember tahun pelajaran 2017/2018.

SHOLEHA, IFTITAHUS (2017) Manajemen Pembiayaan Berbasis Madrasah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Madrasah Aliyah Ma’arif NU Kencong Jember tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
IFTITAHUS SHOLEHA_084133075.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalam meningkatkan mutu pendidikan di era modern ini tentu memerlukan manajemen pembiayaan yang baik. Hal ini guna untuk memfasilitasi memenuhi kebutuhan siswa dalam pembelajaran di sekolah. Di dalam sebuah lembaga tidak lepas dari munculnya permasalahan-permasalahan yang harus dihadapi, salah satunya kekurangan dana untuk pembangunan dan pengembangan sekolah/madrasah. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya manajemen pembiayaan berbasis madrasah. Dalam hal ini berarti madrasah mempunyai wewenang untuk mengelola keuangannya sendiri. Karena mereka yang mengetahui segala permasalahan yang terjadi dan cara mengatasinya. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan manajemen pembiayaan berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Ma’arif NU Kencong Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan manajemen pembiayaan berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Ma’arif NU Kencong Jember? 3) Bagaimana evaluasi manajemen pembiayaan berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Ma’arif NU Kencong Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan manajemen pembiayaan berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Ma’arif NU Kencong Jember 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pembiayaan berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Ma’arif NU Kencong Jember 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi manajemen pembiayaan berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan di MA Ma’arif NU Kencong Jember Metode penelitian diawali dari pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian fenomenologi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: 1) Perencanaan manajemen pembiayaan berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu dengan menganalisis kebutuhan dengan membuat skala prioritas yang nantinya akan dituangkan dalam penyusunan RAPBS dan kemudian dikembangkan untuk meningkatkan mutu pendidikan. 2) Pelaksanaan manajemen pembiayaan berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu merealisasikan hasil perencanaan yang berisi kegiatan kebendaharaan diantaranya penyaluran biaya, pembukuan anggaran dan penyusunan laporan. 3) Evaluasi manajemen pembiayaan berbasis madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan yaitu berupa pengawasan dan monitoring yang dilakukan oleh kepala sekolah, komite sekolah, serta yayasan. Kaitannya dalam hal ini yaitu berupa Laporan Pertanggung Jawaban.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:06
Last Modified: 13 Dec 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30210

Actions (login required)

View Item View Item