Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kuantitas Siswa Baru Di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017

rafidatul choiroh, dina (2017) Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kuantitas Siswa Baru Di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Dina Rafidatul Choiroh_084123086.pdf

Download (24MB)

Abstract

Manajemen kesiswaan atau manajemen kemuridan (peserta didik) merupakan salah satu bidang operasional Manajemen Berbasis Sekolah. Manajemen kesiswaan adalah penataan dan pengaturan terhadap kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik, mulai masuk sampai dengan keluarnyapeserta didik tersebut dari suatu sekolah. Manajemen kesiswaan bukan hanya berbentuk pencatatan data peserta didik, melainkan meliputi aspek yang lebih luas yang secara operasional dapat membantu upaya pertumbuhan dan perkembangan peserta didik melalui proses pendidikan disekolah. Selain kegiatan yang berkaitan dengan peserta didik tersebut, peneliti mengambil judul”Manajemen Kesiswaan Dalam Meningkatkan Kuantitas Siswa Baru Di Madrasah Tsanawiyah Desa Labruk Kidul Kecamatan Sumbersuko Kabupaten Lumajang Tahun Pelajaran 2016/2017” adalah karena tidak hanya bentuk pencatatan data peserta didik saja mulai masuk sampai keluarnya siswa tersebut, melainkan juga dapat meningkatkan kuantitas atau jumlah siswa di lembaga pendidikan (sekolah) atau madrasah. Berdasarkan latar belakang diatas, fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan kesiswaan?; (2) Bagaimana seleksi kesiswaan?; (3) Bagaimana orientasi kesiswaan?; (4) Bagaimana rekrutmen kesiswaan?; (5) Bagaimana penempatan kesiswaan? Tujuan diadakannya penelitian ini adalah (1) medeskripsikan perencanaan kesiswaan; (2) untuk mendeskripsikan seleksi kesiswaan; (3) untuk mendeskripsikan orientasi kesiswaan; (4) untuk mendeskripsikan rekrutmen kesiswaan; (5) untuk mendeskripsikan penempatan kesiswaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview(wawancara) dan dokumentasi. Sedangkan untuk menguji kevalidan data peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) perencanaan kesiswaan adalah daya tampung kelas atau jumlah kelas yang tersedia yaitu 3 kelas; (2) Seleksi kesiswaan adalah seleksi yang dilakukan adalah melaksanakan tes kesehatan atau tes jasmani; (3) Orientasi kesiswaan adalah siswa bisa memahami lingkungan sekolah serta bisa berpartisipasi pada kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah setelah melakukan MOS; (4) Rekrutmen kesiswaan adalah melakukan sosialisasi di setiap lembaga SD/MI di kecamatan sumbersuko; (5) Penempatan Kesiswaan adalah melalui sistem kelas (rombel).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 03:06
Last Modified: 13 Dec 2023 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30211

Actions (login required)

View Item View Item