MUZDALIFAH, Ms. (2017) Manajemen Layanan Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas Nurul Islam Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.
Text
MUZDALIFAH_ 084 123 015.pdf Download (5MB) |
Abstract
Pada hakikatnya bimbingan konseling merupakan salah satu program yang tidak dapat dipisahkan dengan dunia pendidikan. Masalah belajar dan sosial dapat ditimbulkan karena siswa sedang mengalami masalah yang tentunya akan berdampak pada prestasinya. Oleh karena itu, diperlukan manajemen layanan bimbingan konseling sebagai jembatan untuk mempermudah layanan bimbingan konseling untuk membimbing siswa siswinya. Dengan adanya pelayanan tersebut dapat membantu sekolah dalam merealisasikan tujuan pendidikan seperti membentuk pribadi manusia yang paripurna agar dapat mencetak output (lulusan) dengan kuantitas dan kualitas yang membanggakan. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana pengorganisasian layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana pelaksanaan layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2016/2017? 4) Bagaimana evaluasi layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini meliputi: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Untuk mendeskripsikan pengorganisasian layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2016/2017? 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi layanan bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di SMA Nuris Jember tahun pelajaran 2016/2017? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi, adapun penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling, analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari penelitian dan pengolahan data dapat disimpulkan bahwa: 1) Perencanaan layanan BK di SMA Nuris Jember berupa program tahunan, program semester dan program harian yang berupa jurnal. 2) Pengorganisasian BK di SMA Nuris Jember berjalan dengan semestinya. Kerjasama konselor dengan stakeholders berjalan dengan baik, mereka selalu berkoordinasi untuk membantu permasalahan dan meningkatkan prestasi belajar siswanya. 3) Pelaksanaan program layanan BK di SMA Nuris Jember, untuk bimbingan bersifat preventif meliputi layanan orientasi, layanan informasi, layanan pembelajaran, layanan ix bimbingan kelompok, layanan penempatan dan penyaluran. Sedangkan layanan konseling bersifat kuratif berupa layanan konseling perorangan dan konseling kelompok. 4) Evaluasi proses berdasarkan pelaksanaan layanan BK di SMA Nuris Jember baik layanan bimbingan bersifat preventif atau konseling bersifat kuratif telah menggunakan langkah-langkah pelaksanaan atau pun metode-metode yang tepat, sehingga tujuannya tercapai. Sedangkan evaluasi hasil layanan bimbingan bersifat preventif maupun konseling bersifat kuratif berjalan baik dengan hasil yang memuaskan, karena membawa dampak positif bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 03:06 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 03:06 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30215 |
Actions (login required)
View Item |