Analisis Strategi Pemasaran Hewan Di Pasar Hewan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Warohmah, Icha Fahriatul (2023) Analisis Strategi Pemasaran Hewan Di Pasar Hewan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ICHA FAHRIATUL WAROHMAH waterboom-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah serangkaian tujuan, kebijakan, dan panduan yang secara berkala memberikan panduan bagi kegiatan pemasaran suatu perusahaan di semua tingkat dan dalam pengukuran serta distribusinya, terutama ketika menanggapi perubahan lingkungan perusahaan dan situasi persaingan yang selalu berubah. Strategi pemasaran juga memiliki peran khusus dalam menentukan hasil yang akan dicapai oleh perusahaan. Jika pemilihan strategi pemasaran dilakukan dengan tepat, maka akan berdampak positif pada peningkatan penjualan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran di pasar hewan Ambulu Kabupaten Jember?. 2) Apa kendala yang sering dihadapi yang dalam penjualan hewan di pasar hewan Ambulu Jember?. 3) Apa solusi mengatasi kendala yang dihadapi dalam penjualan hewan di pasar hewan Ambulu Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui strategi pemasaran di pasar hewan Ambulu Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui kendala yang sering dihadapi dalam penjualan hewan di pasar hewan ambulu Jember. 3) Untuk mengetahui solusi mengatasi kendala dalam penjualan hewan di pasar hewan ambulu Jember.
Penelitian ini menerapkan metode penelitian kualitatif, khususnya dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan mencakup teknik observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dijamin melalui teknik triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan : 1) Strategi pemasaran hewan di pasar hewan di pasar hewan kecamatan ambulu kabupaten jember, yaitu menggunakan bauran pemasaran yang terdiri dari 4P berupa Product (produk), Price (Harga), Place (tempat), Promotion (Promosi). 2) Kendala yang sering dihadapi dalam penjualan hewan di pasar hewan Ambulu Jember yaitu menghadapi konsumen yang berbeda-beda, menawar dengan harga yang sangat murah, banyaknya pesaing, modal, faktor cuaca dan kurangnya pengetahuan akan teknologi . 3) Solusi mengatasi kendala yang dihadapi yaitu, dengan menjelaskan kepada konsumen secara jelas/detail, mempertahankan kualitas hewan yang dijual agar tidak kalah dengan pesaing yang lain, melakukan kerja sama dengan pedagang lain, juga melakukan penjualan melalui media sosial dan memberikan bantuan dalam penggunaan media sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Icha Fahriatul Warohmah
Date Deposited: 13 Dec 2023 08:04
Last Modified: 13 Dec 2023 08:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30216

Actions (login required)

View Item View Item