Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMA PGRI Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun 2016.

retnaningsih, dwi (2017) Peran Guru dan Orang Tua dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa di SMA PGRI Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Dwi Retnaningsih_084 123 024.pdf

Download (20MB)

Abstract

Masalah kenakalan remaja/siswa, khususnya yang sedang duduk di bangku sekolah sangat meresahkan guru, orang tua dan masyarakat. Oleh karena itu perlu perhatian orang tua dan guru di sekolah untuk menanggulangi masalah kenakalan remaja/siswa secara dini. Fokus penelitian adalah: faktor – faktor penmyebab kenakalan siswa, peran guru dalam menanggulangi kenakalan siswa, dan peran orang tua dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA PGRI Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi tahun 2016. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah: faktor – faktor penyebab kenakalan siswa, peran guru dalam menanggulangi kenakalan siswa, dan peran orang tua dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA PGRI Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi tahun 2016. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian bertempat di SMA PGRI Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Faktor – faktor penyebab kenakalan siswa diantaranya: faktor internal pada diri siswa itu sendiri disebabkan karena kurang disiplinnya diri dan rendahnya motivasi belajar serta ketidakmampuan diri dalam memecahkan masalah. Faktor eksternal disebabkan karena keluarga yang broken home, Orang tua yang bekerja keluar kota/keluar negeri, dan terpengaruh oleh ajakan teman. Guru sebagai tokoh kunci dalam bimbingan yang tugasnya adalah mengetahui atau mengenal siswa, memberikan pendekatan dari hati kehati. Cara memperbaiki tingkah laku siswa yaitu, dengan menghukum dengan memberi teguran secara langsung, membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatan yang nakal, menyuruh anak membersihkan toilet, push – up dan (tugas bekerja di sekolah dan hukuman fisik diajukan sendiri oleh siswa pada awal tahun pelajaran melalui surat pernyataan jika sewaktu – waktu melakukan tindak kenakalan, jadi bukan pihak sekolah yang menentukan hukumannya) dan bisa juga dikeluarkan dari sekolah; serta pendekatan yang bersifat tidak menghukum, seperti memberi nasehat dan konseling (pembimbingan). Kerja sama guru dan orang tua yaitu, dengan mendiskusikan masalah perlakuan anaknya di sekolah dan mencari jalan keluar untuk memecahkan masalah. Peran orang tua dalam menanggulangi kenakalan siswa di SMA PGRI Purwoharjo Banyuwangi yaitu mendidik anak dengan pendidikan agama di rumah, mengajari tata krama, membantu orang lain yang membutuhkan, memberi wejangan agar belajar dengan sungguh – sungguh dan jangan sampai putus sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:15
Last Modified: 13 Dec 2023 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30220

Actions (login required)

View Item View Item