Sistem Informasi Akuntansi Pembiayaan Murabahah Berdasarakan PSAK No. 102 Pada BMT UGT Nusantara Cabang Kaliwates

Maulana Dewi, Siti (2023) Sistem Informasi Akuntansi Pembiayaan Murabahah Berdasarakan PSAK No. 102 Pada BMT UGT Nusantara Cabang Kaliwates. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi ula watermak.pdf

Download (22MB)

Abstract

Siti Maulana Dewi, 2023: Sistem Informasi Akuntansi Pembiayaan Murabahah Berdasarkan PSAK No. 102 Pada BMT UGT Nusantara Cabang Kaliwates.

BMT adalah balai usaha mandiri terpadu yang isinya berintikan Baitul Maal wat-Tamwil dengan kegiatan mengembangkan usaha-usaha produktif dan investasi dalam meningkatkan kualitas kegiatan ekonomi pengusaha kecil bawah dan kecil dengan antara lain mendorong kegiatan menabung dan menunjang pembiayaan kegiatan ekonominya. Selain itu, BMT juga bisa menerima titipan zakat, infak, dan sedekah, serta menyalurkannya sesuai dengan peraturan dan amanatnya
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi pembiayaan murabahah pada BMT UGT Nusantara Cabang Kaliwates? 2) Bagaimana sistem informasi akuntansi pembiayaan murabahah berdasarkan PSAK No. 102 pada BMT UGT Nusantara Cabang Kaliwates
Tujuan dari penelitian ini yakni:1)Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan sistem informasi akuntansi pembiayaan murabahah pada BMT UGT Nusantara Cabang Kaliwates. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan sistem informasi akuntansi pembiayaan murabahah berdasarkan PSAK No. 102 pada BMT UGT Nusantara Cabang Kaliwates.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. penelitian kualitatif menggunakan data kualitatif seperti wawancara, data observasi dan data dokumen untuk memahami dan menjelaskan fenomenal sosial. Untuk jenis penelitian peneliti menggunakan penelitian deskriptif, yaitu penelitian kualitatif bersifat mendeskripsikan makna dan data atau fenomena yang ditangkap peneliti, dengan menunjukkan bukti-buktinya.
Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Sistem informasi akuntansi juga dapat mengendalikan dan menjaga aset-aset yang dimiliki oleh perusahaan dalam pembiayaan dan lain-lain, misalnya data nasabah, data perusahaan dan lain-lain. Sehingga dapat dipastikan bahwa data tersebut ada pada saat dibutuhkan, relevan, dan juga akurat. 2) Pengakuan dan pengukuran akuntansi murabahah di BMT UGT Nusantara Cabang Kaliwates tidak sesuai dengan PSAK 102 karena di BMT tidak ada denda berupa uang tapi diganti dengan nazar dan juga BMT tidak memiliki resiko yang signifikan terkait dengan kepemilikan persediaan. Untuk penyajian, pengungkapan pembiayaan murabahah pada BMT UGT Nusantara Cabang Kaliwates sudah sesuai dengan PSAK 102.

Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Pembiayaan Murabahah, PSAK No 102

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150111 Accounting System (incl. Accounting Information System)
Depositing User: Ms Siti Maulana Dewi
Date Deposited: 13 Dec 2023 08:12
Last Modified: 13 Dec 2023 08:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30221

Actions (login required)

View Item View Item