Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan Dalam Pengembangan Nilai-nilai Religius Mahasantri di Ma’had Robiah Adawiyah IAIN Jember

IRAWATI, SYILVIE ARI (2017) Implementasi Fungsi Manajemen Pendidikan Dalam Pengembangan Nilai-nilai Religius Mahasantri di Ma’had Robiah Adawiyah IAIN Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
SYILVIE ARI IRAWATI_084 133 034.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Fungsi Manajemen Pendidikan, Nilai-nilai Religius, Mahasantri Bagi sebuah organisasi khususnya pendidikan, manajemen merupakan kunci sukses, karena sangat menentukan kelancaran kinerja organisasi yang bersangkutan. Keluhan-keluhan dari beberapa orang yang mendapat layanan dari kinerja suatu organisasi merupakan suatu contoh penyebab kesalahan yang terletak pada manajemennya. Oleh karena itu perlu adanya manajemen dalam sebuah organisasi untuk menunjang tercapainya suatu tujuan yang telah ditetapkan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep perencanaan pendidikan dalam pengembangan nilai-nilai religius mahasantri di Ma’had Robiah Adawiyah IAIN Jember. 2) Bagaimana pola pelaksanaan pendidikan dalam pengembangan nilai-nilai religius mahasantri di Ma’had Robiah Adawiyah IAIN Jember. 3) Bagaimana model evaluasi pendidikan dalam pengembangan nilai-nilai religius mahasantri di Ma’had Robiah Adawiyah IAIN Jember. Tujuan penelitian ini adalah. 1) Untuk mendeskripsikan konsep perencanaan pendidikan dalam pengembangan nilai-nilai religius mahasantri di Ma’had Robiah Adawiyah IAIN Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pola pelaksanaan pendidikan dalam pengembangan nilai-nilai religius mahasantri di Ma’had Robiah Adawiyah IAIN Jember. 3) Untuk mendeskripsikan model evaluasi pendidikan dalam pengembangan nilai-nilai religius mahasantri di ma’had Robiah Adawiyah IAIN Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif interaktif, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan manajemen pendidikan di ma’had Robiah Adawiyah IAIN Jember meliputi: mekanisme pembelajaran kitab, jadwal kegiatan dan tata tertib Ma’had. 2) Pelaksanaan manajemen pendidikan di ma’had Robiah Adawiyah IAIN Jember meliputi: kegiatan dimulai pada pukul 17.30 untuk sholat maghrib berjamaah, 18.30-20.00 kegiatan diniyah, sholat subuh berjamaah dang ngaji pagi rutin. 3) Evaluasi manajemen pendidikan di ma’had dilakukan 1 semester sekali dalam bentuk tes untuk mengetahui kemampuan baca Qur’an dan praktek ibadah. Kemudian evaluasi akhir yang diadakan LPM (Lembaga Penjaminan Mutu) dengan mengadakan tes baca tulis Al Qur’an dan praktek pelaksanaan ibadah untuk mendapatkan sertifikat sebagai standarisasi diperbolehkannya mengikuti sidang skripsi ketika semester akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:15
Last Modified: 13 Dec 2023 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30222

Actions (login required)

View Item View Item