Peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator untuk meningkatkan disiplin kerja guru di MTs Muqoddimatul Akhlak Desa Pace Kec. Silo Kab. Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Faikotul himmah, elok (2017) Peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator untuk meningkatkan disiplin kerja guru di MTs Muqoddimatul Akhlak Desa Pace Kec. Silo Kab. Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ELOK FAIKOTUL HIMMAH_ 084 133 025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Secara ideal, seorang kepala madrasah dituntut untuk profesional agar tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai dengan maksimal. Tentunya, kepala madrasah diharapkan mempunyai strategi yang kreatif, salah satunya yaitu kepala madrasah berperan sebagai motivator. Dimana peran kepemimpinan tersebut dapat meningkatkan disiplin kerja bagi guru. Fokus penelitian ini adalah: 1), bagaimana peran kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai motivator untuk meningkatkan disiplin kerja guru secara preventif di MTs Muqoddimatul Akhlak Desa Pace Kec. Silo Kab. Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? 2), bagaimana peran kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai motivator untuk meningkatkan disiplin kerja guru secara korektif di MTs Muqoddimatul Akhlak Desa Pace Kec. Silo Kab. Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: 1), untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai motivator untuk meningkatkan disiplin kerja guru secara preventif di MTs Muqoddimatul Akhlak Desa Pace Kec. Silo Kab. Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 2), untuk mendeskripsikan peran kepemimpinan Kepala Madrasah sebagai motivator untuk meningkatkan disiplin kerja guru secara korektif di MTs Muqoddimatul Akhlak Desa Pace Kec. Silo Kab. Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di MTs Muqoddimatul Akhlak Silo Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini menghasilkan:. 1), kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator untuk meningkatkan disiplin kerja guru secara preventif di MTs Muqoddimatul Akhlak Desa Pace Kec. Silo Kab. Jember Tahun Ajaran 2016/2017 dilakukan dengan menerapkan peraturan yang harus dipatuhi bersama sebagai teladan bagi guru dan siswa seperti memberikan contoh disiplin datang tepat waktu, disiplin jam kerja, disiplin berpakaian dinas, dan disiplin dalam melaksanakan tugas sesuai dengan waktu yang telah di tentukan, menanamkan rasa kebersamaan, rasa memiliki, dan berusaha menumbuhkan suasana kerja yang baik dan harmonis. 2), peran kepemimpinan kepala madrasah sebagai motivator untuk meningkatkan disiplin kerja guru secara korektif di MTs Muqoddimatul Akhlak Desa Pace Kec. Silo Kab. Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu kepala madrasah mengambil tindakan secara langsung dengan cara memberi peringatan secara bertahap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:15
Last Modified: 13 Dec 2023 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30223

Actions (login required)

View Item View Item