Peran Kepala Madrasah dalam Kegiatan Tahfidzul Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017

witri, yunia (2017) Peran Kepala Madrasah dalam Kegiatan Tahfidzul Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Yunia Witri_084 133 063.pdf

Download (9MB)

Abstract

Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah merupakan lembaga pendidikan yang memiliki andil cukup besar dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar mencapai tujuan pendidikan Nasional. Nilai-nilai agama dapat dimasukkan dalam kegiatan di sekolah melalui pengembangan budaya Islami yaitu pemindahan nilai-nilai Islami seperti kebaikan-kebaikan yang ditentukan dalam al-Qur’an, seperti halnya tentang ahlaq, zikir, mengabdi, serta mempelajari dan menghafal ayat-ayat al-Qur’an. Sehingga Madrasah Aliyah Darul Lughah Wal Karomah mengadakan kegiatan Tahfidzul Qur’an. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai Administrator ? (2) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai leader ? (3) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai Innovator ? (4) Bagaimana peran kepala madrasah sebagai Motivator dalam kegiatan tahfidzul qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendiskripsikan peran kepala madrasah sebagai administrator, (2) mendiskripsikan peran kepala madrasah sebagai leader, (3) mendiskripsikan peran kepala madrasah sebagai innovator, (4) mendiskripsikan peran kepala madrasah sebagai motivator dalam kegiatan tahfidzul qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah Kraksaan Probolinggo tahun pelajaran 2016/2017. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif dan penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive yang dalam teknisnya dipilih dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model Miles and Huberman. Langkah-langkah analisis data yang digunakan adalah koleksi data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan Keabsahan datanya menggunakan metode triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) Peran kepala madrasah sebagai administrator dalam kegiatan Tahfidzul Qur’an ialah mengelola kurikulum tahfidz, adanya pencatatan absensi hadir siswa, form penilaian, dan pencatatan setoran hafalan siswa siswi Tahfidzul Qur’an. (2) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam kegiatan Tahfidzul Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah dengan menjadi teladan, memberi arahan, memberikan teguran dan menciptakan komunikasi yang baik dengan semua masyarakat madrasah. (3) Peran kepala madrasah sebagai innovator dalam kegiatan Tahfidzul Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah dengan mengadakan kegiatan ekstrakurikuler bagi siswa siswi selain jurusan Tahfidzul Qur’an yang ingin ikut menghafal al-Qur’an, dan juga memberikan kebebasan memilih jurusan bagi siswa siswi Tahfidzul Qur’an jika nanti sudah kelas XII karena jurusan Tahfidzul Qur’an belum memiliki legalisasi dari Depag. (4) Peran kepala madrasah sebagai motivator dalam kegiatan Tahfidzul Qur’an di MA Darul Lughah Wal Karomah dengan cara menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan para guru, menerapkan disiplin melalui aturan-aturan madrasah. Sedangkan kepada siswa, yaitu dengan memberikan, mengadakan wisuda Tahfidzul Qur’an dua kali setiap tahun, dan mengadakan seminar Tahfidzul Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:15
Last Modified: 13 Dec 2023 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30228

Actions (login required)

View Item View Item