“Implementasi Pembelajaran Kitab Taisirul Khollaq Dalam Meningkatkan Akhlaq Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo Kecamatan Puger Tahun Ajaran 2016/2017”.

Mudrika, Melly (2017) “Implementasi Pembelajaran Kitab Taisirul Khollaq Dalam Meningkatkan Akhlaq Santri Di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo Kecamatan Puger Tahun Ajaran 2016/2017”. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Melly Mudrika _ 084 111 239.pdf

Download (23MB)

Abstract

Salah satu ciri khas yang terdapat di pondok pesantren yaitu penyelenggaraan madrasah diniyah. Salah satu kitab yang dijadikan bahan ajar di madrasah diniyah yaitu kitab Taisirul Kholaq. Hasil studi pendahuluan telah ditemukan bahwa adanya peserta didik yang pacaran, tidak menghormati ustadz, tidak disiplin dan melakukan penyimpangan lain. Oleh karena itu, peneliti tertarik meneliti tentang pembelajaran Taisirul Kholaq dalam meningkatkan akhlak santri di madrasah diniyah pondok pesantren Bustanul Ulum Mlokorejo Tahun Ajaran 2016/2017. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Taisirul Khollaq dalam meningkatkan akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Mlokorejo Tahun Ajaran 2016/2017?; 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Taisirul Khollaq dalam meningkatkan akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Mlokorejo Tahun Ajaran 2016/2017?; 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Taisirul Khollaq dalam meningkatkan akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Mlokorejo Tahun Ajaran 2016/2017?. Tujuan umum penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran kitab Taisirul Khollaq dalam meningkatkan akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Mlokorejo Tahun Ajaran 2016/2017; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kitab Taisirul Khollaq dalam meningkatkan akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Mlokorejo Tahun Ajaran 2016/2017; 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran kitab Taisirul Khollaq dalam meningkatkan akhlak santri di Madrasah Diniyah Bustanul Ulum Mlokorejo Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran kitab Taisirul Khollaq meliputi penyusunan silabus, program tahunan dan program semester, RPP belum seutuhnya dilakukan. Para ustadz dan ustadzah hanya sekedar menyusun dan mendiskusikan secara sederhana yaitu memberi batasan yang harus dicapai dalam kurun waktu satu semester; 2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Taisirul Kholaq meliputi pengorganisasian materi berdasarkan hasil musyawarah hudud ikhtibar. Strategi pembelajaran menggunakan media kitab, proyektor, dan pesantren sebagai media penerapan akhlak. Dan metode menggunakan metode sorogan, wetonan, ceramah, tanya jawab dan studi kasus, suri tauladan, metode praktek; 3) Evaluasi pembelajaran kitab Taisirul Kholaq menggunakan teknik tes dan teknik nontes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 04:32
Last Modified: 13 Dec 2023 04:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30230

Actions (login required)

View Item View Item