IMPLEMENTASI METODE CROSSWORD PUZZLE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII E DI SMPN 11 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Inayah, Haninatul (2023) IMPLEMENTASI METODE CROSSWORD PUZZLE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA KELAS VIII E DI SMPN 11 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI Haninatul Inayah. T20191142.fix (2).pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Haninatul Inayah, 2023: “Implementasi Metode Crossword Puzzle pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kelas VIII E di SMPN 11 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.”
Kata Kunci : Metode Crossword Puzzle, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Kejenuhan Belajar
Pada zaman saat ini guru dituntut untuk kreatif dan terampil dalam mengajar, khususnya pada mata pelajaran pendidikan agama islam yang merupakan salah satu mata pelajaran agama yang diajarkan pada sekolah umum. Dalam pembelajaran terdapat tiga komponen penting yang berpengaruh pada keberhasilan proses pembelajaran siswa, salah satunya metode pembelajaran. Apabila pengajar kurang kreatif dalam memilih metode pembelajaran, maka akan mempengaruhi pada proses belajar siswa. Penelitian ini dilakukan karena terdapat permasalahan pada pembelajaran siswa didalam kelas. Kurangnya fokus siswa saat pembelajaran, hilangnya motivasi siswa saat pembelajaran yang mengakibatkan siswa menjadi jenuh saat pembelajaran serta kurangnya semangat dalam belajar. Hal ini dikuatkan dengan adanya hasil wawancara dan observasi yang dilakukan pada tahap pra siklus, bahwasannya siswa kelas VIII E mengalami kejenuhan belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1. Bagaimana implementasi metode crossword puzzle pada pembelajaran pendidikan agama islam dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIII E di SMPN 11 Jember? Dari permasalah tersebut dapat dirumuskan cara pemecahan masalah yaitu dengan mengimplementasikan metode crossword puzzle pada pembelajaran pendidikan agama islam yang dapat menarik perhatian siswa.
Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama islam melalui implementasi metode crossword puzzle. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan menggunakan pendekatan mixed methods. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas VIII E yang berjumlah 32 siswa.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kejenuhan belajar siswa dapat diatasi dengan mengimplementasikan metode crossword puzzle, dibuktikan dengan dilakukannya tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Hasil angket pada tahap siklus I diperoleh nilai 60% dan siklus II 80%. Nilai tersebut mengalami peningkatan dan sudah melampaui indikator kinerja yang telah ditentukan yaitu 75%. Maka dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwasannya implementasi metode crossword puzzle pada pembelajaran pembelajaran pendidikan agama islam dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa di SMPN 11 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hanina Haninatul Inayah
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:56
Last Modified: 13 Dec 2023 06:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30231

Actions (login required)

View Item View Item