PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP 01 SUMBERBARU TAHUN 2022/2023

Mahmudi, Imam (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP 01 SUMBERBARU TAHUN 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imam Mahmudi _T20199049-2.pdf

Download (5MB)

Abstract

: Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar, IPSKesulitan peserta didik dalam memahami dan menghafal materi sangatlemah dan memerlukan pendekatan dari guru dalam pembelajaran sehinggaPeserta didik terlibat secara utuh dalam menemukan pengetahuannya sendiri. Permasalahan lain yang juga terlihat pada saat pelajaran IPS, sebagian peserta didik tidak mengerjakan tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh guru pada saat pelajaran IPS sebelumnya. Ketika peserta didik ditanya alasan tidakmengerjakan, ada peserta didik yang menjawab karena lupa kalau ada pekerjaan rumah, bahkan ada yang menjawab tidak tau kalau ada pekerjaan rumah. Padasaat pembelajaran peserta didik juga cenderung melakukan aktifitas lain yang lebih menarik perhatian peserta didik sehingga peserta didik tidak terpusat penuh pada pelajaran dan penjelasan yang disampaikan oleh guruRumusan masalah penelitian ini adalah : 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaranIPS Kelas VIII SMPN 1 Sumberbaru Tahun Pelajaran 2022/2023? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation peserta didik kelas Kelas VIII SMPN 1 Sumberbaru Tahun Pelajaran 2022/2023?Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada matapelajaran IPS kelas VIII SMPN 1 Sumberbaru Tahun Pelajaran 2022/2023. 2)Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui penerapan modelpembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPS kelasVIII SMPN 1 Sumberbaru Tahun Pelajaran 2022/2023.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas VIII SMPN 1 Sumberbaru tahun ajaran 2022/2023 dengan teknik pengumpulan data pre-test, post-test,wawancara dan observasi. Penelitian ini dilakukan dalam 3 siklus dengan 1 kali pertemuan .Hasil penelitian ini adalah 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan 6 tahap dalam penerapan yang terdiri dari 3 siklus yaitu mengidentifikasi topik, merencanakan tugas yang akan dipelajari, melaksanakan investigasi, menyiapkan laporan akhir, mempresentasikan laporan akhir, dan evaluasi. 2) Peningkatan hasil belajar Peserta didik juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah 75. Terbukti pada hasil pretest, dari 30 peserta didik yang mengikuti tes dengan persentase ketuntasanbelajar 23.3%. Meningkat pada hasil tes Siklus 1 dengan persentase ketuntasan belajar 30 %. Meningkat lagi pada hasil tes Siklus 2 denganpersentase ketuntasan belajar 43 %. Meningkat lagi pada hasil tes Siklus 3yaitu dengan persentase ketuntasan belajar 76.6 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr Imam Mahmudi
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:50
Last Modified: 13 Dec 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30235

Actions (login required)

View Item View Item