Penerapan Metode Card Sort pada Materi Perpangkatan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar Siswa Kelas IX di MTsN 7 Jember

Mas'ula, Lailiyatul (2023) Penerapan Metode Card Sort pada Materi Perpangkatan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Minat Belajar Siswa Kelas IX di MTsN 7 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
LAILIYATUL MAS'ULA_T20197058.pdf

Download (19MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Card Sort, Hasil Belajar Kognitif, Minat Belajar Siswa.

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru matematika di MTsN 7 Jember yang masih menggunakan metode konversional yaitu ceramah dan penugasan yang mana penggunaan metode ini menitik beratkan pada keaktifan guru dan siswa yang cenderung pasif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa kurang maksimal dikarenakan guru cenderung monoton dan membuat siswa bosan dan tidak memahami materi dengan baik. Salah satu alternatif yang diberikan peneliti kepada guru adalah menerapakan metode card sort. Metode card sort ini menitik beratkan pada keaktifan siswa sehingga siswa bisa lebih semangat dalam proses pembelajaran sehingga minat belajar dan hasil belajar siswa lebih meningkat.
Permasalahan pada penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode card sort pada materi perpangkatan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa kelas IX di MTsN 7 Jember ?
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana setiap siklusnya terdapat empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, angket dan tes (pretest dan posttest). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 32 siswa kelas IX MTsN 7 Jember.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa pada tahap pra siklus mendapat nilai 54,37%, siklus I mendapat nilai 80,75%, dan siklus II mendapat nilai 97,68%. Tidak hanya minat belajar yang meningkat tetapi hasil belajar kognitif juga meningkat yaitu pada tahap pra siklus rata-rata sebesar 61,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 31,25%, siklus I rata-rata sebesar 80,31 dengan ketuntasan klasikal sebesar 56,25%, siklus II rata-rata sebesar 95,15 dengan ketuntasan klasikal sebesar 93,75%. Dari hasil tersebut terbukti bahwasannya pembelajaran matematika pada materi perpangkatan dengan menerapkan metode card sort dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan minat belajar siswa kelas IX di MTsN 7 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Miss Lailiyatul Mas'ula
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:56
Last Modified: 13 Dec 2023 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30239

Actions (login required)

View Item View Item