Manajemen Pendidikan Berbasis Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Miftahul Ulum Plampangrejo Banyuwangi.

LUTFIYAH, INTADIROTUL (2017) Manajemen Pendidikan Berbasis Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MI Miftahul Ulum Plampangrejo Banyuwangi. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
INTADIROTUL LUTFIYAH_084 123 008.pdf

Download (11MB)

Abstract

Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Kewirausahaan pendidikan menjadi instrumen penting pada sebuah lembaga pendidikan. Bahkan pendidikan sangatlah membutuhkan agar segala sesuatunya berjalan dengan lancar. Untuk merealisasikan harapan tersebut, tentunya hal ini berkaitan dengan bagaimana misi sekolah, pemanfaatan sumber daya juga aktifitas pengelolaan tersebut dijalankan. Fokus penelitian ini adalah: (1), bagaimana manajemen pendidikan berbasis kewirausahaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MI Miftahul Ulum Plampangrejo Banyuwangi? (2) bagaimana manajemen pendidikan berbasis kewirausahaan dalam meningkatkan input pendidikan di MI Miftahul Ulum Plampangrejo Banyuwangi? (3) bagaimana manajemen pendidikan berbasis kewirausahaan dalam meningkatkan proses pendidikan di MI Miftahul Ulum Plampangrejo Banyuwangi? (4) bagaimana manajemen pendidikan berbasis kewirausahaan dalam meningkatkan output pendidikan di MI Miftahul Ulum Plampangrejo Banyuwangi? Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1), mengetahui manajemen pendidikan berbasis kewirausahaan dalam meningkatkan mutu pendidikan (2) mendeskripsikan manajemen pendidikan berbasis kewirausahaan dalam meningkatkan input pendidikan 3) mendeskripsikan manajemen pendidikan berbasis kewirausahaan dalam meningkatkan proses pendidikan (4) manajemen pendidikan berbasis kewirausahaan dalam meningkatkan output pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif deskriptif. Penentuan informan menggunakan: purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, inteview, dan dokumenter. Adapun analisis data mengguanakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun temuan penelitian ini yaitu: (1) untuk menerapkan kewirausahaan untuk meningkatkan mutu pendidikan di MI Miftahul Ulum dilakukan bersama dengan komite dan guru. Penerapan dilakukan berbasis analisis kebutuhan, penentuan skala prioritas, dan tingkat kepentingannya. (2) upaya menerapkan kewirausahaan untuk meningkatkan input pendidikan di MI Miftahul Ulum berdasarkan peningkatan iput pendidikan agar sekolah dapat merekrut siswa-siswi baru. (3) kewirausahaan untuk meningkatkan input pendidikan di MI Miftahul Ulum dilakukan melalui antar jemput siswa dan kegiatan kewirausahaan lainnya,dari sinilah dapat diketahui bahwa proses kewirausahaan berjalan dengan lancar.(4) upaya kewirausahaan untuk meningkatkan ouput pendidikan di MI Miftahul Ulum dengan mengadakan wirausaha disekolah agar supaya dapat menghasilkan keluaran atau lulusan yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:49
Last Modified: 13 Dec 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30240

Actions (login required)

View Item View Item