Penerapan Metode Karya Wisata Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

SOLEHA, ROBIDATUS (2017) Penerapan Metode Karya Wisata Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
ROBIDATUS SOLEHA_084134027.pdf

Download (17MB)

Abstract

Kata kunci: metode karya wisata dan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Dasar Unggulan Nurul Huda merupakan Sekolah Dasar yang berada dibawah naungan yayasan dimana dalam pembelajarannya menggunakan metode karya wisata. Dalam pembelajaran metode karya wisata guru membawa siswa belajar dalam suasana diluar kelas, dialam terbuka yang menyenangkan. Dalam kegiatan belajar mengajar keaktifan terletak pada siswa, dalam hal ini guru hanya sebagai fasilitator saja yang menggerakkan, membimbing dan mengarahkan siswa. Sementara siswa sebagai peneliti. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi: 1) bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode karya wisata pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Maka sesuai dengan fokus tersebut, tujuan dari penelitian ini untuk: 1) mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode karya wisata pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Penentuan subjek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan fokus penelitian yaitu sebagai berikut: Perencanaan metode karya wisata pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat yakni merumuskan tujuan karya wisata, menetapkan objek karya wisata sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai, menyusun rencana belajar bagi peserta didik selama karya wisata, merencanakan perlengkapan belajar yang harus disediakan. Pelaksanaan metode karya wisata pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat yakni membimbing siswa selama kegiatan pembelajaran baik kegiatan kelompok maupun individual, mengawasi setiap masing-masing kelompok sesuai dengan tanggung jawabnya. Evaluasi metode karya wisata pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar Unggulan Nurul Huda Plalangan Kalisat dilakukan pada saat proses pembelajaran yaitu Siswa diminta untuk membuat dan mengumpulkan laporan hasil karya wisata secara individu atau bisa juga secara kelompok, guru memberikan penilaian terhadap kinerja siswa, baik dilokasi karya wisata maupun laporan yang telah mereka buat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 06:49
Last Modified: 13 Dec 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30243

Actions (login required)

View Item View Item