muthma'innah, ms (2017) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor dalam Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru Di SMA Baitul Arqom Balung 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.
Text
MUTHMA’INNAH_084 123 059.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kepala sekolah merupakan seorang tenaga fungsioal guru yang diberi tugas tambahan untuk memimpin suatu sekolah. Terjadi suatu interaksi antar guru dan murid. Kepala sekolah juga mempunyai aktivitas dan beberapa peran, diataranya sebagai evaluator, manajer, administrator, leader, innovator, motivator dan supervisor. Disini kepala sekolah berperan sebagai supervisor yang mempuyai fungsi untuk memberikan pembinaan dalam proses merencanakan, melaksanakan dan tindak lanjut kepada guru dan memberikan penilaian dalam pembelajaran Fokus penelitian skripsi ini adalah 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam menyusun perencanaan supervisi untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Baitul Arqom Balung tahun ajaran 2016/2017? 2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanaan supervisi untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Baitul Arqom Balung tahun ajaran 2016/2017? 3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengevaluasi supervisi untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Baitul Arqom Balung tahun ajaran 2016/2017? Penelitian ini mempunyai tujuan untuk: 1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam menyusun perencanaan supervisi untuk menigkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Baitul Arqom Balung tahun ajaran 2016/2017. 2) Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanaan supervisi untuk menigkatkan profesionalisme guru di SMA Baitul Arqom Balung tahun ajaran 2016/2017. 3) Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengevaluasi supervisi untuk menigkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Baitul Arqom Balung tahun ajaran 2016/2017 Penelitian menggunakan analisis deskriptif, menganilisis peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam menigkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Baitul Arqom Balung tahun ajaran 2016/2017. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Berdasarkan analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam menyusun perecanaan supervisi untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Baitul Arqom Balung ada enam , pertama Mengidentifikasi tingkat kompetensi guru, kedua merumuskan perencanaan supervisi sesuai tingkat kompetensi guru, ketiga proses perencanaan supervisi melibatkan guru, keempat melakukan pelatihan tehadap guru. kelima Pembinaan penyususan RPP jika masih belum paham mengenai pelatihan. Keenam Pembinaan keagamaan yang berkaitan dengan materi pelajaran dengan nilai-nilai keislaman. 2) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam melaksanakan supervisi untuk meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Bitul Arqom Balung ada tiga peran : pertama Mensupervisi adminsitrasi, Kedua kunjungan kelas, Ketiga QDR mengisi aktivitas harian sesuai instrumen yang diadakan oleh sekolah . 3) peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam mengevaluasi supervisi meningkatkan kompetensi profesionalisme guru di SMA Baitul Arqom Balung ada dua: pertama Mengevaluasi, kedua Tindak Lanjut.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Anak PSG |
Date Deposited: | 13 Dec 2023 06:49 |
Last Modified: | 13 Dec 2023 06:49 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30244 |
Actions (login required)
View Item |