Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Memfasilitasi Siswa Berkebutuhan Khusus Di SMALB Dharma Asih Kraksaan probolinggo

arifin, samsul (2017) Manajemen Sarana dan Prasarana dalam Memfasilitasi Siswa Berkebutuhan Khusus Di SMALB Dharma Asih Kraksaan probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SAMSUL ARIFIN_084 133 024.pdf

Download (18MB)

Abstract

SLB Dharma Asih Kraksaan merupakan sekolah yang memiliki prestasi cukup membanggakan di daerahnya. Karena SLB Dharma Asih adalah sekolah yang maju dan lengkap diantara sekolah luar biasa lainnya yang ada didaerah kraksaan. Dengan itu banyak orang tua yang memilih SLB Dharma Asih untuk anak anak yang memang didesain khusus. Sarana dan prasarana pendidikan merupkan instrumen penting dalam pendidikan dan menjadi salah satu dari delapan Standar Nasional Pendidikan. Begitu pentingnya sarana dan prasarana pendidikan sehingga setiap institusi berlomba lomba untuk memenuhi standar sarana dan prasarana pendidikan demi meningkatkan kualitas proses pembelajaran. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan sarana prasarana sekolah dalam memfasilitasi siswa tunanetra di SLB Dharma Asih Keraksaan Probolinggo? 2)Bagaimana pengadaan sarana prasarana sekolah dalam memfasilitasi siswa yang tunanetra di SLB Dharma Asih Keraksaan Probolinggo? 3) Bagaimana pengaturan sarana prasarana sekolah dalam memfasilitasi siswa yang tunanetra di SLB Dharma Asih Keraksaan Probolinggo ? 4)Bagaimana penghapusan sarana dan prasana sekolah dalam memfasilitasi siswa tunanetra di SLB Dharma Asih Kraksaan Probolinggo ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perenanaan, pengadaan, pengaturan dan penghapusan sarana dan prasana sekolah dalam memfasilitasi siswa tunanetra di SLB Dharma Asih Kraksaan Probolinggo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif kualitatif, dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kessimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitiannya adalah:1) perencanaan sarana dan prasarana itu dilakukan setiap awal semester, dengan melibatkan ketua komite, ketua yayasan dan guru. Ketika sudah sepakat semua lalu sekolah mengundang wali murid, yang direncanakan berupa segala sesuatu yang dibutuhkan oleh sekolah mengenai sarana dan prasarana pembelajaran. 2) Dalam memenuhi kebutuhan sarana dan prasarana pembelajaran dengan cara pembelian dan hibah, untuk sumber dananya sekolah mengajukan proposal ke dinas pendidikan dan pengusaha. 3) Pengaturan sarana dan prasarana itu ada 2 kegiatan yaitu inventaris dan pemeliharaan. Kalau kegiatan inventaris sarana dan prasarana yaitu mencatat semua barang yang masuk atau ada di sekolah, Kalau pemeliharaanya tergantung setiap barang. 4) penghapusan barang dilakukan karena rusak total, bisa juga dihapus dengan cara dijual. Bagian sarana dan prasarana melihat barangnya terlebih dahulu jika barang memungkinkan untuk diperbaiki maka sekolah akan mengeluarkan biaya dengan memperbaiki.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:16
Last Modified: 13 Dec 2023 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30245

Actions (login required)

View Item View Item