Implementasi Manajemen Humas Madrasah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat (Analisis Kegiatan Bakti Sosial Madrasah MA Sabda Ria Nada Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo).

ZAENUDIN, MUHAMMAD (2017) Implementasi Manajemen Humas Madrasah dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat (Analisis Kegiatan Bakti Sosial Madrasah MA Sabda Ria Nada Kecamatan Sumbermalang Kabupaten Situbondo). Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
MUHAMMAD ZAENUDIN_. 084 133 028.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dinamika problematika di era globalisasi-pun mengharuskan lembaga pendidikan khususnya sekolah untuk dapat mengintegrasikan diri dengan masyarakat dalam upaya mengikuti laju perkembangan zaman. Pendidikan dengan demikian menjadi sarana berlangsungnya berbagai aktivitas yang menentukan arti keberadaan masyarakat bersangkutan, melalui penyiapan generasi muda untuk memegang peranan-peranan dalam masyarakat. Untuk memudahkan proses penelitian ini, maka peneliti mengangkat beberapa fokus penelitian yang diantaranya : (1)Bagaimanakah perencanaan Humas Madrasah dalam kegiatan Bakti Sosial Madrasah MA. Sabda Ria Nada Sumbermalang Situbondo untuk meningkatkan partisipasi masyarakat? (2)Bagaimanakah Pelaksanaan Humas Madrasah dalam kegiatan Bakti Sosial Madrasah MA. Sabda Ria Nada Sumbermalang Situbondo untuk meningkatkan partisipasi masyarakat? (3)Bagaimanakah Evaluasi Humas Madrasah dalam kegiatan Bakti Sosial Madrasah MA. Sabda Ria Nada Sumbermalang Situbondo untuk meningkatkan partisipasi masyarakat?. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi Humas Madrasah dalam kegiatan Bakti Sosial Madrasah MA. Sabda Ria Nada Sumbermalang Situbondo untuk meningkatkan partisipasi masyarakat Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Adapun untuk validasi data menggunakan triangulasi data. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa perencanaan program harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan lembaga yang perumusannya selalu mengadakan rapat dari oihak sekolah dan masyarakat. Sehingga mengahasilakn dua bentuk kegiatan yaitu kegiatan rutin dan temporal. pelaksanaan harus senantiasa konsisten dangan perencanaan, dan harus dilaksanakan dengan melibatkan berbagai pihak terutama pihak terkait seperti seluruh elemen sekolah dan masyarakat sebagai objek dari program, serta evaluasi dilaksanakan agar dapat mengukur kemampuan dan kelemahan lembaga demi kontinuitas dan perbaikan program. Dan MA Sabda Ria Nada merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi program dengan memperhatikan daya guna dan manfaat program. Tingkat partisipasi masyarakat yang terus meningkatselama tiga tahun terkahir dapat dijadikan indikator keberhasilan program Humas MA Sabda Ria Nada dalam Kegiatan Bakti Sosial. Hal ini sangat menarik karena semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat semakin tinggi pula masyarakat terlibat dalam mendidik generasi bangsa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:38
Last Modified: 13 Dec 2023 07:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30248

Actions (login required)

View Item View Item