Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Sistem Full Day School Di SMP Al Baitul Amien Jember Tahun 2017/2018

soliha, cholifatus (2017) Peran Kepala Sekolah Dalam Mengembangkan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Sistem Full Day School Di SMP Al Baitul Amien Jember Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Cholifatus Soliha_084 133 056.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang mampu mendorong sekolah untuk dapat mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolahnya melalui program-program yang dilaksanakan secara terencana, begitu juga kerja sama orang tua dalam mendidik putra-putrinya supaya menjadi anak yang berakhlak seperti yang diharapkan orang tua. Adapun masalah-masalah dalam penelitian ini difokuskan sebagai berikut: 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai Leader dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui sistem full day school di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2017/2018 ? 2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai Educator dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui sistem full day school di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai Motivator dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui sistem full day school di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini untuk: 1) Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai Leader dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui sistem full day school di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai Educator dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui sistem full day school di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai Motivator dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui sistem full day school di SMP Al-Baitul Amien Jember tahun pelajaran 2017/2018. Metode penelitian digunakan melalui pendekatan kualitatif, jenis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1). Peran kepala sekolah sebagai leader dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa selalu ikut andil dalam membenahi perilaku siswa, kepala sekolah tidak segan-segan memberikan hukuman kepada siswa yang melakukan pelanggaran. 2). Peran kepala sekolah sebagai educator dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui sistem full day school yaitu dilihat dari kemampuan mengajar/membimbing siswa, yakni dengan cara menerapkan pembelajaran ta’limul muta’allim dan program one day one hadits. 3). Peran kepala sekolah sebagai motivator dalam mengembangkan pendidikan karakter siswa melalui sistem full day school dilihat dari cara kemampuan kepala sekolah mengatur lingkungan kerja (fisik), yakni dengan cara menjalin komunikasi yang baik dengan bawahan. Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Full Day School.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 07:56
Last Modified: 13 Dec 2023 07:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30249

Actions (login required)

View Item View Item