Perilaku kepemimpinan transformasional dalam mencapai tujuan pendidikan di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2016/2017

Wasif, Khoirul (2017) Perilaku kepemimpinan transformasional dalam mencapai tujuan pendidikan di MA Miftahul Ulum Suren Ledokombo Jember tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Khoirul Wasif_ 084 123 052.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kepemimpinan transformasional adalah suatu pendekatan kepemimpinan dengan melakukan usaha mengubah kesadaran, membangkitkan semangat dan mengilhami bawahan atau anggota organisasi untuk mengeluarkan usaha ekstra dalam mencapai tujuan organisasi, tanpa merasa ditekan atau tertekan. Seorang pemimpin dikatakan bergaya transformasional apabila dapat mengubah situasi, mengubah apa yang biasa dilakukan, bicara tentang tujuan yang luhur, memiliki acuan nilai kebebasan, keadilan dan kesamaan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimanakah Perilaku Kepemimpinan Transformasional dalam Mencapai Tujuan Pendidikan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017? Sedangkan sub fokus penelitiannya adalah: a. Bagaimanakah perilaku kepemimpinan transformasional dalam menyiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017?b. Bagaimanakah perilaku kepemimpinan transformasional dalam menyiapkan siswa agar mampu mengembangkan diri sesuai perkembangan IPTEK di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017? c.Bagaimanakah Perilaku Kepemimpinan Transformasional dalam menyiapkan siswa agar mampu menjadi anggota masyarakat yang baik dan religius di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, menganalisis perilaku kepemimpinan transformasional dalam mencapai tujuan pendidikan di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi partisipatif dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan:a) Perilaku kepemimpinan transformasional dalam menyiapkan siswa untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017. Menempatkan guru sesuai bidangnya, bekerja sama dengan wali murid,menyiap kan sarana dan prasarana, menyiapkan administrasi persyaratan untuk ke jenjang selanjutnya.b) Perilaku kepemimpinan transformasional dalam menyiapkan siswa agar mampu mengembangkan diri sesuai perkembangan IPTEK di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017. yaitu: Dengan menempatkan guru TIK kepada bidangnya,menyiapkan sarana dan prasarana, memberi tugas lewat media internet, les sepulang sekolah. Perilaku kepemimpinan transformasional dalam menyiapkan siswa agar mampu menjadi anggota masyarakat yang baik dan religius di Madrasah Aliyah Miftahul Ulum Suren Tahun Pelajaran 2016/2017. yaitu: mendalami ilmu tingkah laku yang baik(ahlak terpuji),mengadakan sosialisasi seperti santunan anak yatim dan kerja bakti di halaman sekolah, memondokkan anak didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 13 Dec 2023 08:34
Last Modified: 13 Dec 2023 08:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30252

Actions (login required)

View Item View Item