Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Tarik Stakeholder di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Kencong Jember Tahun 2016/2017

HUMAIROH, ANIS (2017) Strategi Pemasaran dalam Meningkatkan Daya Tarik Stakeholder di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Kencong Jember Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
ANIS HUMAIROH_084 133 008.pdf

Download (21MB)

Abstract

Persaingan pemasaran antar lembaga pendidikan saat ini berubah dengan sangat cepat. Sebagaimana fungsi pemasaran di lembaga pendidikan adalah untuk membentuk citra baik terhadap lembaga dan menarik sejumlah calon siswa. Citra baik tersebut salah satunya dilakukan dengan cara mempengaruhi kebutuhan dan harapan stakeholder. Keberadaan SMK Ma’arif NU dan MA Ma’arif NU di Kencong didirikan dalam satu naungan yayasan yang bernama Yunisma. MA Ma’arif NU berdiri jauh sebelumnya daripada SMK Ma’arif NU. Tetapi karena dalam strategi manajemen pemasaran yang dipakai kedua lembaga itu berbeda, maka SMK Ma’arif NU mampu mempertahankan dan meningkatkan jumlah siswa dari tahun ke tahun sehingga SMK tersebut mampu menyaingi jumlah siswa yang ada di MA Ma’arif bahkan mampu melebihi jumlah siswanya. Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan daya tarik orang tua siswa di SMK Ma’arif NU Kencong Jember tahun ajaran 2016/2017?, 2) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan daya tarik siswa di SMK Ma’arif NU Kencong Jember tahun ajaran 2016/2017?, 3) Bagaimana strategi pemasaran dalam meningkatkan daya tarik DUDI di SMK Ma’arif NU Kencong Jember tahun ajaran 2016/2017? Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan daya tarik orang tua siswa di SMK Ma’arif NU Kencong Jember tahun ajaran 2016/2017, 2) untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan daya tarik siswa di SMK Ma’arif NU Kencong Jember tahun ajaran 2016/2017, 3) untuk mendeskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan daya tarik DUDI di SMK Ma’arif NU Kencong Jember tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Penentuan informannya menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisa data dalam penelitian ini dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian memperoleh kesimpulan bahwa :1) Waka Humas melakukan segmentasi dari segi (geografis,Psikografis dan perilaku), targetting (orang tua siswa di wilayah kencong, khususnya basic pondok pesantren), positioning ( informasi tersebar dari mulut ke mulut, pasang Banner). 2) Waka Humas melakukan segmentasi dari segi (geografis dan demografis) , targetting (siswa SMP dan MTs khususnya di wilayah Kencong), positioning ( menjelaskan keunggulan sekolah melalui kegiatan-kegiatan dan sosialisasi).3) Waka Humas melakukan segmentasi dari segi (geografis dan perilaku), targetting (DUDI di dalam dan luar wilayah Kencong), positioning ( untuk mempertahankan kualitas sekolah dengan memberi bekal siswa penguasaan IT dan bahasa inggris). Kata Kunci : Strategi pemasaran, Daya tarik Stakeholder

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:45
Last Modified: 14 Dec 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30253

Actions (login required)

View Item View Item