PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIPLY CARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM KRIAN PASURUAN

Fitriya, Amalia (2023) PENGEMBANGAN PERMAINAN MULTIPLY CARDS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM OPERASI HITUNG PERKALIAN PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MI MIFTAHUL ULUM KRIAN PASURUAN. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text (Pengembangan Permainan Multiply Cards sebagai Media Pembelajaran dalam Operasi Hitung Perkalian pada Peserta Didik Kelas IV MI Miftahul Ulum Krian Pasuruan)
FITRIYA AMALIA_T20194059.pdf

Download (16MB)

Abstract

Kata Kunci: Multiply Cards, Media Pembelajaran, Operasi Hitung Perkalian.
Media sangatlah penting bagi guru untuk melangsungkan kegiatan pembelajaran sehingga materi tersampaikan dengan baik. Media yang digunakan di MI Miftahul Ulum Krian Pasuruan yaitu berupa buku LKS disertai ceramah, dan hafalan. Maka dari itu perlu adanya inovasi dalam membuat sebuah media pembelajaran. Permainan multiply cards merupakan salah satu media pembelajaran berupa kumpulan kartu yang berisikan operasi hitung perkalian yang sederhana dan terlihat menarik dalam menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji praktikalitas permainan multiply cards sebagai media pembelajaran mampu mempermudah kegiatan pembelajaran, dan untuk menguji kelayakan permainan multiply cards sebagai media pembelajaran dalam operasi hitung pada peserta didik kelas IV MI Miftahul Ulum Krian Pasuruan.
Jenis penelitian yang akan digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan dua jenis data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini mengacu pada model penelitian ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan Robert Maribe Branch tahun 1975. Model pengembangan ADDIE ada 5 tahapan, pertama tahap Analyze yaitu analisis masalah yang dihadapi peserta didik dalam pembelajaran operasi hitung perkalian. Kedua tahap Design yaitu rancangan awal media pembelajaran. Ketiga tahap Develop yaitu pengembangan produk yang sudah dirancang melalui validasi dari para ahli dan menghasilkan produk akhir media pembelajaran yang siap diuji cobakan. Keempat tahap Implementation yaitu media pembelajaran yang sudah dikembangkan dilakukan uji coba kepada peserta didik sehingga akan diketahui kelayakan dari penggunaan media yang dibuat. Kelima tahap Evaluation, hasil penilaian terhadap media yang telah diterapkan dapat diketahui kualitasnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dibuat layak dijadikan sebagai media pembelajaran. Penilaian media didasarkan para ahli validasi dan peserta didik, yakni ahli media 1 (98%, sangat layak), ahli media 2 (82%, sangat layak), ahli materi 1 (87%, sangat layak), ahli materi 2 (100%, sangat layak), sehingga rata-rata para ahli 91% (sangat layak),guru matematika (87%, sangat layak), serta terakhir peserta didik (96%, sangat layak). Sehingga bisa disimpulkan bahwa media permainan multiply cards sebagai media pembelajaran yang dikembangkan dapat diterapkan dalam pembelajaran di kelas IV MI Miftahul Ulum Krian Pasuruan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Fitriya Amalia
Date Deposited: 18 Dec 2023 04:39
Last Modified: 18 Dec 2023 04:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30254

Actions (login required)

View Item View Item