Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Sites Untuk Kelas X Di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Navisa, Alfiya (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Sites Untuk Kelas X Di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI FIX-ALFIYANAVISA Watermark.pdf

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK
Alfiya Navisa. 2023. Pengembangan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Sites Untuk Kelas X Di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci: Media pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Google Sites

Media pembelajaran google sites merupakan sarana pembelajaran menyampaikan pesan dalam proses pembelajaran dari pendidik kepada peserta didik yang media utamanya menggunakan internet atau jaringan komputer. Berdasarkan hasil wawancara dengan Ibu Kamilatul Badriyah selaku guru PAI, bahwa guru PAI dalam menggunakan media pembelajaran kurang bervariatif. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik sebanyak 91.3% mengatakan setuju bahwa ketidakantusiasan dalam proses belajar disebabkan oleh media pembelajaran. Media pembelajaran berbasis web menunjang proses belajar dimana saja dan kapan saja sehingga dapat menjadi sumber belajar yang didukung oleh tersedianya fasilitas dan potensi yang ada di SMAN 1 Tenggarang Bondowoso.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana pengembangan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis google sites untuk kelas X di SMAN 1 Tenggarang Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023. 2) Untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran Pendidikan Agama Islam berbasis google sites untuk kelas X di SMAN 1 Tenggarang Bondowoso tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini merupakan Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah pedoman wawancara, angket validasi dan angket respon siswa. Teknik yang digunakan untuk uji respon siswa pada skala kecil yaitu dengan Teknik random sampling, sedangkan untuk skala besar menggunakan Teknik sampel.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Dalam pengembangan media ini menggabungkan beragam elemen yaitu materi, video, proyek, dan soalsoal untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi. Namun pada setiap elemen dalam pengembangnnya berbeda, seperti materi dalam pengembangnnya menggunakan microsoft word dan untuk pembuatan soal-soal menggunakan wordwall. Media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis google sites merupakan media yang terhubung oleh jaringan internet dan juga dapat dijadikan sumber belajar siswa. 2) Rata-rata hasil validasi materi memperoleh persentase 97% dengan kategori sangat valid, validasi media memperoleh persentase 75% dengan kategori valid atau dapat digunakan namun perlu direvisi, validasi materi dan media yang dinilai oleh guru PAI memperoleh persentase 95% dengan kategori sangat valid. Untuk rata-rata respon siswa baik skala kecil atau skala besar memperoleh persentase 82 % dengan kategori sangat valid.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfiya Navisa
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:49
Last Modified: 14 Dec 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30261

Actions (login required)

View Item View Item