Peran Kiai Langgar dalam Pengentasan Kemiskinan di Desa Jatisari Kec. Jenggawah Kab. Jember tahun 2016.

Rohman, Na’imur (2017) Peran Kiai Langgar dalam Pengentasan Kemiskinan di Desa Jatisari Kec. Jenggawah Kab. Jember tahun 2016. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Na’imur Rohman_ 084 113 087.pdf

Download (4MB)

Abstract

Dikampung-kampung sering kita jumpai sebuah bangunan yang sering digunakan sebagai tempat kegiatan keagamaan yang dipimpin oleh seorang Kiai atau yang sering dikenal dengan Kiai Langgar. Kiai langgar adalah sosok yang alim ulama yang hidup di Pedesaan, Kiai langgar sebagai alim ulama tentunya mempunyai peran yang sangat strategis, karena tidak lepas dari pengakuan masyrakat terhadap kiai. Kiai merupakan figur yang memiliki peranan sentral dalam masyarakat, Ia menjadi rujukan bagi masyrakat dalam berbagai bidang, mulai dari persoalan agama maupun sosial bahkan diluar itu Kiai Langgar Juga berperan. Oleh karena itu peneliti sangat tertarik dengan peran Kiai langgar tentunya dalam bidang sosial dan keagamaan. Fokus penelitian ini adalah: (1), bagaimana Peran Kiai Langgar dalam bidang Sosial di Desa Jatisari Kec. Jenggawah Kab. Jember tahun 2016? (2), bagaimana Peran Kiai langgar dalam bidang Keagamaan di Desa Jatisari Kec. Jenggawah kab. Jember tahun2016? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Desa JatisariKec. Jenggawah Kab. Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik Purposive Sampling dan Snowball. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Adapun temuan dari penelitian ini yaitu: (1), Dalam kehidupan masyrakat Desa Jatisari, Kiai Langgar dalam bidang sosial berperan sebagai pemimpin, penggerak, penggagas, pelopor dan pembimbing bagi masyarakat, ini tidak terlepas dari kebutuhan masyrakat terhadap Kiai Langgar. Seperti halnya dalam kegitan sosial dan kegiatan sosial yang lainya. Selain itu kiai langgar di Desa Jatisari juga mempunyai kepedulian sosial yang tinggi. Karena setiap ada kegitan kiai terlibat secara langsung tanpa melihat status sebagai orang yang dihormati. (2), dalam kehidupan keagamaan, kiai langgar di Desa Jatisari berperan sebagai ketua atau pemimpin dalam setiap kegiatan keagamaan. Baik itu kegiatan keagamaan yang dilakukan sendiri oleh kiai ataupun orang lain. Adapun kegiatankegiatan keagamaan yang melibatakan kiai langgar seperti Tahlilan, istigosah, mengajar Al-Qur’an dan semua peringatan hari besar islam. Dalam semua kegiatan keagamaan, Kiai Langgar menggunakan langgar sebagai media dalam melaksanakanya, seperti mengajarkan Al-Qur’an, tahlilan, istighosah dam kegiatan keagamaan lainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:45
Last Modified: 14 Dec 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30262

Actions (login required)

View Item View Item