MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP ISLAM GUMUK MAS KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017

ADAWIYAH, ROBIATUL (2017) MANAJEMEN PERPUSTAKAAN DALAM MENGEMBANGKAN MUTU PEMBELAJARAN DI SMP ISLAM GUMUK MAS KABUPATEN JEMBER TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Robiatul Adawiyah_ 084 113 035.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perpustakaan sekolah sebagai bagian integral dari sekolah, merupakan komponen yang utama pendidikan di sekolah, diharapkan dapat menunjang terhadap pencapaian tujuan. Perpustakaan sekolah harus dikelola secara profesional dan dilakukan oleh personil-personil yang terdidik di bidang perpustakaan. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan perpustakaan dalam mengembangkan mutu pembelajaran di SMP Islam Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017?; 2) Bagaimana pengadaan buku perpustakaan dalam mengembangkan mutu pembelajaran di SMP Islam Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017?; 3) Bagaimana pelayanan sirkulasi perpustakaan dalam mengembangkan mutu pembelajaran di SMP Islam Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017?; Bagaimana Perawatan buku perpustakaan dalam mengembangkan mutu pembelajaran di SMP Islam Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017?; Tujuan umum penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan perencanaan perpustakaan dalam mengembangkan mutu pembelajaran di SMP Islam Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017; 2) Mendeskripsikan pengadaan buku perpustakaan dalam mengembangkan mutu pembelajaran di SMP Islam Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017; 3) Mendeskripsikan pelayanan sirkulasi perpustakaan dalam mengembangkan mutu pembelajaran di SMP Islam Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017; 4) Perawatan buku perpustakaan dalam mengembangkan mutu pembelajaran di SMP Islam Gumukmas Kabupaten Jember Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Perencanaan perpustakaan dimulai dari perencanaan visi, misi dan tujuan perpustakaan, mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, ancaman dan peluang. Kekuatan perpustakaan terletak pada fasilitas wifi yang ada. Sedangkan kelemahan masih memiliki koleksi yang minim, dan banyak yang sudah tidak layak pakai. Peluang perpustakaan ini ke depan dapat menjadi sumber belajar bagi siswa dan guru; 2) pengadaan koleksi bahan pustaka perpustakaan menggunakan dua tahapan yaitu seleksi bahan pustaka, dan pembelian bahan pustaka menggunakan anggaran BOS;3) Pelayanan sirkulasi yang diterapkan dari 7 jenis, yaitu keanggotaan, peminjaman, pengembalian, perpanjangan, pelayanan bebas pustaka, peminjaman buku paket, dan sanksi; 4) Kegiatan pemeliharaan buku-buku yaitu melalui kegiatan perbaikan berupa penjilidan dan pengawetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:45
Last Modified: 14 Dec 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30263

Actions (login required)

View Item View Item