Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Dalam Meminimalisir Konflik Di Madrasah Tsanawiyah Syafi’iyah Besuk, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo.

ARIFIN, ZAINUL (2017) Pengambilan Keputusan Kepala Sekolah Dalam Meminimalisir Konflik Di Madrasah Tsanawiyah Syafi’iyah Besuk, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ZAINUL ARIFIN_084 133 018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan tempat proses pembelajaran yang mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan. Konsep dasar dan pelaksanaan ikut menentukan jalannya pendidikan di tengah kehidupan manusia. Namun demikian, pada tingkat pelaksanaannya pendidikan mulai menghadapi perubahan sosial. Karena dalam merencanakan, melaksanakan pendidikan diperlukan struktur organisasi yang baik, termasuk dalam kepemimpinan kepala sekolah/madrasah dengan penerapan pengambilan keputusan kepala sekolah dapat meminimalisir konflik di MTs Syafi’iyah Besuk, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah. 1) Bagaimana metode persetujan cepat pengambilan keputusan di MTs Syafii’iyah Besuk, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. 2) Bagaimana metode kompromi pengambilan keputusan di MTs Syafi’iyah Besuk, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. 3) Bagaiman metode suara mayoritas pengambilan keputusan di MTs Syafi’iyah Besuk, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. 4) Bagaimana metode multiple voting pengambilan keputusan di MTs Syafi’iyah Besuk, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dimana, dalam penjabaran dari hasil penelitian ini tidak berupa angka, tetapi bersifat ilmiah dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Miles dan Huberman. Sedangkan analisis ialah: 1) reduksi data. 2) penyajian data. 3) penarikan kesimpulan. Dan keabsahan data yang digunakan oleh peneliti Triangulasi Teknik Triangulasi Sumber. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat dikemukakan kesimpulan, sebagai berikut: 1) Metode persetujuan cepat pengambilan keputusan di MTs Syafi’iyah Besuk, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo digunakan dalam pengambilan keputusan untuk dapat meminimalisir konflik. Akan tetapi ketutusan dengan cepat ini dapat menimbulkan maslah baru karena keputusan yang diambil tanpa ada evaluasi dan diskusi. 2) Metode kompromi pengambilan keputusan di MTs Syafi’iyah Besuk, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo diterapkan dalam rapat, sehingga dapat menghasilkan keputusan yang efektif dan tidak timbul perselisihan. Sedangkan dengan menggunakan metode ini anggota dapat menimbulkan kecemburuan dari anggota yang lebih sedikit menyetujui hasil keputusannya sehingga tidak disepakati. 3) Metode suara mayoritas pengambilan keputusan di MTs Syafi’iyah Besuk, Kecamata Besuk, Kabupaten Probolinggo ini diterapkan untuk memilih beberapa keputusan yang telah dibuat oleh kepala sekolah/madrasah hingga dapat disetujui salah satu dari keputusan tesebut. 4) Metode multiple voting pengambilan keputusan di MTs Syafi’iyah Besuk, Kecamatan Besuk, Kabupaten Probolinggo ini paling sering digunakan untuk mendapatkan keputusan yang sesuai dengan tujuan madrasah. Karena metode ini melibatkan semua anggota dalam rapat, sehimgga semua bertanggung jawab terhadap keputusan yang diambil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:45
Last Modified: 14 Dec 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30264

Actions (login required)

View Item View Item