Peran kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Mencegah Siswa Mutasi dan Drop Out di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.

ZAINI, FINA MAGFIRAH (2017) Peran kepala Sekolah Sebagai Leader dalam Mencegah Siswa Mutasi dan Drop Out di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
FINA MAGFIRAH ZAINI_084133033.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader, Siswa Mutasi dan Drop Out Peran kepala sekolah sebagai seorang pemimpin pasti sangat dibutuhkan dalam memperbaiki kualitas lembaga. Sebagai seorang pemimpin kepala sekolah bertanggung jawab atas tercapainya tujuan lembaga melalui upayanya dalam menggerakkan para bawahannya. Di dalam sebuah lembaga tidak lepas dari munculnya permasalahan-permasalahan yang harus dihadapi, salah satunya seperti adanya siswa mutasi dan drop out. Keberadaan siswa mutasi dan drop out jika tidak diatasi dengan benar akan menurunkan produktivitas lembaga tersebut, oleh karena itu keberadaan kepala sekolah diharapkan dapat mencegah adanya siswa mutasi dan drop out melalui kemampuan yang dimilikinya sebagai seorang pemimpin. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader dalam mencegah siswa mutasi dan drop out melalui komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?, 2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader dalam mencegah siswa mutasi dan drop out melalui pengawasan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai leader dalam mencegah siswa mutasi dan drop out melalui komunikasi di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember, 2) untuk mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai leader dalam mencegah siswa mutasi dan drop out melalui pengawasan di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Metode penelitian diawali dari pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan informannya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan mengambil sumber data dari kepala sekolah, waka kesiswaan, guru, siswa, dan orang tua siswa. Adapun analisa data dalam penelitian ini dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran kepala sekolah sebagai leader dalam mencegah siswa mutasi dan drop out melalui komunikasi diaplikasikan dengan peraturan tertulis dan arahan atau bimbingan dari kepala sekolah terhadap siswa. Komunikasi juga dilakukan dengan adanya budaya sekolah yang diterapkan. 2) Peran kepala sekolah sebagai leader dalam mencegah siswa mutasi dan drop out melalui pengawasan adalah sebagai pengawas, yaitu mengawasi budaya sekolah yang diterapkan di MAN 1 Jember. Dalam proses pengawasan kepala sekolah bekerjasama dengan tatib, BK, waka kesiswaan, dan wali kelas guna mempermudah jalannya proses pengawasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:45
Last Modified: 14 Dec 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30265

Actions (login required)

View Item View Item