Upaya Orang Tua Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Kepada Anak di Lingkungan Masyarakat Non Muslim Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi.

DWI WAHYUNI, INTAN (2017) Upaya Orang Tua Dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam Kepada Anak di Lingkungan Masyarakat Non Muslim Desa Kedunggebang Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Intan Dwi Wahyuni_084 131 004.pdf

Download (4MB)

Abstract

Di Desa Kedunggebang yang terletak di Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi memiliki masyarakat yang berbeda-beda agama yaitu Islam, Hindu, Kristen, Katolik, dan Budha. Di desa ini juga, masyarakatnya hidup secara berdampingan, saling berinteraksi dan tidak membeda-bedakan antar masyarakat yang berbeda agama. Kondisi ini menjadi sesuatu yang menarik apabila diamati, terlebih kemudian bila dikaitkan dengan anak-anak. diakui atau tidak, baik besar maupun kecil pemahaman anak tentang ajaran agama merupakan tanggung jawab orang tua, orang tua di desa ini membekali anak dengan menanamkan pendidikan agama. Hal ini menjadi penting karena anak-anak yang hidup di desa ini bergaul dalam keseharian mereka dengan anak-anak yang beragama lain. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana upaya orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Islam dalam bidang Aqidah kepada anak?, 2) Bagaimana upaya orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Islam dalam bidang Ibadah kepada anak?, dan 3) Bagaimana upaya orangtua dalam menanamkan pendidikan agama Islam dalam bidang Akhlak kepada anak? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan upaya orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Islam dalam bidang Aqidah kepada anak, 2) Untuk mendiskripsikan upaya orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Islam dalam bidang Ibadah kepada anak, dan 3) Untuk mendiskripsikan upaya orangtua dalam menanamkan pendidikan agama Islam dalam bidang Akhlak kepada anak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah kualitatf deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu: koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data dalam penelitan ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Upaya orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Islam dalam bidang Aqidah kepada anak dikelompokkan menjadi dua yaitu, menanamkan iman kepada Allah dan menanamkan iman kepada Rasul 2) Upaya orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Islam dalam bidang Ibadah kepada anak, di antaranya: a) Ibadah sholat, b) Ibadah puasa, c) Ibadah zakat, dan d) Membaca Al-Qur’an 3) Upaya orang tua dalam menanamkan pendidikan agama Islam dalam bidang Akhlak kepada anak metiputi tiga akhlak, yaitu: a) Akhlak kepada orang tua, dan b) Akhlak kepada sesama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:45
Last Modified: 14 Dec 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30266

Actions (login required)

View Item View Item