Pelayanan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Siswa di SMPN 1 Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

vita amalia, retnu (2017) Pelayanan Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Sumber Belajar Siswa di SMPN 1 Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
RETNU VITA AMALIA_084 133 020.pdf

Download (18MB)

Abstract

Perpusatakaan sekolah merupakan tempat kumpulan koleksi buku dan non buku yang di organisir dan ditempatkan di sekolah untuk dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Dalam hal ini kepala perpustakaan berperan penting untuk bekerjasama secara terkoordinir dengan para karyawan perpustakaan untuk memberikan pelayanan secara optimal dengan tujuan pemenuhan kebutuhan para pengguna serta mewujudkan kondisi perpustakaan yang sesuai dengan perannya. Maka perpustakaan tersebut harus diubah dari operasionalnya dari perpustakaan manual menjadi perpustakaan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Selain itu dibutuhkan juga pelayanan yang sesuai dengan kebutuhan para pengguna perpustakaan, seperti pelayanan referensi dan informasi, pelayanan sirkulasi serta pelayanan promosi. Fokus penelitian dalam skripsi ini diantaranya yaitu : 1) Bagaimana pelayanan refrensi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SMPN 1 Ajung?, 2) Bagaimana pelayanan sirkulasi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SMPN 1 Ajung?, 3) Bagaimana pelayanan promosi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SMPN 1 Ajung?, Tujuan Dalam penelitian ini diantaranya yaitu : 1) Mendeskripsikan pelayanan refrensi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar belajar di SMPN 1 Ajung, 2) Mendeskripsikan pelayanan sirkulasi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SMPN 1 Ajung, 3) Mendeskripsikan pelayanan promosi perpustakaan sebagai pusat sumber belajar di SMPN 1 Ajung. Adapun dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode interview, dan dokumentasi. Sedangkan analisa datanya menggunakan keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber. Penelitian ini membahas tentang pelayanan perpustakaan sekolah sebagai pusat sumber belajar siswa di SMPN 1 Ajung, dimana perpustakaan ini mulai mengoptimalkan perpustakaan sebagai sumber belajar bagi siswa, hal itu dibuktikan dengan kepala perpustakaan dan semua karyawan perpustakaan SMPN 1 Ajung sadar akan pentingnya fungsi perpustakaan dan kenyamanan dengan pelayanan yang telah diberikan kepada para pengguna, seperti 1) pelayanan informasi dan referensi yang memfokuskan terhadap pemberian informasi mengenai bahan bacaan, 2) pelayanan sirkulasi yang membantu masalah peminjaman bahan bacaan yang digunakan sebagai sumber belajar, 3) pelayanan promosi sebagai sumber belajar disini memfokuskan untuk mempertahankan kenyamanan dan ketertarikan peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar di perpustakaan menggunakan sumber belajar yang ada melalui poster-poster menarik yang dibuat oleh karyawan perpustakaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:45
Last Modified: 14 Dec 2023 03:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30269

Actions (login required)

View Item View Item