Implementasi Kepemimpinan Demokratis Kepala sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MA ANNURIYYAH Rambipuji Jember Tahun 2016/2017

dwi silvia, qurotul a'yun (2017) Implementasi Kepemimpinan Demokratis Kepala sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MA ANNURIYYAH Rambipuji Jember Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Qurotul A’yun Dwi Silvia_084123025.pdf

Download (74MB)

Abstract

Pada hakikatnya pendidikan merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan kualitas manusia, mengembangkan kecerdasan dan keterampilan, menumbuhkan rasa percaya diri, sikap dan prilaku yang inofatif dan kereatif. Sekolah tidak akan menjadi lebih baik dengan sendirinya tampa pengelolaan yang baik, sedangkan pengelolaan sekolah yang baik mempersyaratkan kepemiminan demokratis dalam meningkatkan mutu pendidikan yang memumpuni dan efektif. jadi, kepala sekolah demokratis merupakan faktor kunci keberhasilan sekolah termasuk meningkatkan mutu pendidikan. Atas dasar itu, penelitian ini memfokuskan pada Implementasi Kepemimpinan Demokratis Kepala sekolah Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Fokus Penelitian menjadi tiga yaitu: (1)Bagainamana perencanaan Implementasi kepemimpinan kepala sekolah demokratis kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Annuriyyah Rambipuji Jember tahun pelajaran 2016/2017? (2)Bagaimana pelaksanaan Implementasi kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Annuriyyah Rambipuji Jember tahun pelajaran 2016/2017? (3)Bagaimana evaluasi Implementasi kepemimpinan demokratis kepala sekolah dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Annuriyyah Rambipuji Jember tahun 2016/2017? Tujuan skripsi ini adalah: (1)Untuk mengetahui bagaimana perencanaan Implementasi yang dilakukan oleh kepemimpinan demokratis dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Annuriyah Rambipuji tahun pelajaran 2016/2017. (2)Untuk mengetahui pelaksanaan Implementasi yang dilakukan oleh kepemimpinan demokratis dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Annuriyah Rambipuji tahun pelajaran 2016/2017. (3)Untuk mengetahui evaluasi Implementasi yang dilakukan kepemimpinan demokratis dalam peningkatan mutu pendidikan di MA Annuriyah Rambipuji tahun 2016/2017 Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan, dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti untuk menghimpun data, antara lain: metode observasi, metode interview dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan purposive sampling. Analisis data menggunakan (1) reduksi data (2) penyajian data (3) penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan kepala sekolah dalam peningkatan mutu sudah baik seperti perencanaan yang dibuat rencana kerja madrasah, jadi sebelum RKM mengevaluasi madrasah dengan membahas mengevaluasi dini madrasah (MDM) sebagai langkah awal. (2) Pelaksanaannya ialah melaksanakan semampu kepala sekolah dan anggotanya dalam rencana kerja itu, bahwa pelaksanaan tanpa rencana ialah perencanaan yang gagal, tapi semua kembali kalau madrasah swasta itu kendalannya di bidang finansial, perencanaan itu yang akan kita bahas, ketika rencana itu bisa dilakukan kita lakukan dengan segala kemampuan. (3) Evaluasi dilaksanakan jika dalam kerangka yayasan itu dievaluasi tiap bulan dalam pertemuan kurikulum, tapi tidak fokus pada unit madrasah, kalau di unit madrasah kita adakan rapat pertemuan guru setiap tiga bulan sekali dan mengevaluasi apa rencana-rencana yang sudah bisa dilaksanakan dan apa yang belum, sehingga pada bulan berikutnya triwulan berikutnya sudah benar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:44
Last Modified: 14 Dec 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30271

Actions (login required)

View Item View Item