“Pemanfaatan Media Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di MI Nurul Hidayah Dusun Krajan Sumber Kejayan Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019”

Radiyah, Mariyatur (2019) “Pemanfaatan Media Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa di MI Nurul Hidayah Dusun Krajan Sumber Kejayan Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019”. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Mariyatur Radiyah_084158026.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Pemanfaatan Media Visual Dan Meningkatkan Keaktifan Siswa Madrasah Ibtidaiyah MI Nurul Hidayah Dusun Krajan Sumberkejayan Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019” merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat mementingkan agama dari pada pendidikan umum, akan tetapi tidak memisahkan antara keduanya. Terbukti dari beberapa program unggulan yang menjadi daya tarik dalam dunia pendidikan. Di antaranya adalah pembelajaran pemanfaatn media visual dalam meningkatkan keaktifan siswa yang menjadi ciri khas pembelajaran di madrasah ibtidaiyah tersebut. Agar membentuk siswa lebih kreatif, mandiri serta siswa dapat memanfaatkan lingkungan sekitarnya bagi siswa-siswi MI Nurul Hidayah Dusun Krajan Sumberkejayan Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019”. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui: 1) Perencanaan Penerapan media visual di MI Nurul Hidayah Dusun Krajan Sumberkejayan Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019” 2) Pelaksanaan penerapan media visual MI Nurul Hidayah Dusun Krajan Sumberkejayan Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019”, 3) Evaluasi penerapan pemanfaatn media visual MI Nurul Hidayah Dusun Krajan Sumberkejayan Mayang Jember Tahun Pelajaran 2018/2019” Dalam penelitian ini menggunkan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Analisis data ini meliputi kegiatan Pengumpulan data (Data Collection) Konensasi data (Data Condentation) Penyajian Data (Display Data) dan penarikan kesimpulan (Conclusions). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) pada tahap perencanaan meliputi Pemanfaatan Media Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dilakukan dengan mempersiapkan instrumen pembelajaran, yang terdiri dari kalender pendidikan, prota, promes, silabus, RPP. 2) pelaksanaannya yaitu pemantauan Pemanfaatan Media Visual Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam pembelajaran tematik, dilakukan dengan pengaturan siswa di kelas, melaksanakan pembelajaran dengan lima M, dengan menggunakan media 3) pada tahap evaluasi meliputi tiga aspek yakni, afektif yaitu kedisiplinan dan tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas kelompok, kognitif penguasaan materi, dan psikomotorik kreatifitas siswa dalam mengolah karyanya agar mudah difahami.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:44
Last Modified: 14 Dec 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30274

Actions (login required)

View Item View Item