Profil Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Eksponen Pada Siswa Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Kelas X MA Ma’arif NU Jenggawah Jember

Aminah, Mrs (2023) Profil Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Eksponen Pada Siswa Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif Kelas X MA Ma’arif NU Jenggawah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AMINAH_T20197068.pdf

Download (7MB)

Abstract

Aminah, 2023: Profil Kesalahan Siswa Berdasarkan Tahapan Kastolan Dalam Menyelesaikan Soal Eksponen Pada Siswa Gaya Kognitif Reflektif Dan Impulsif Kelas X Ma Ma’arif Nu Jenggawah Jember
Kata kunci: Soal Eksponen, Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif, Tahapan Kastolan
Setiap siswa memiliki perbedaan karakteristik dalam dirinya, baik dalam
hal berpikir, menerima dan merespon pembelajaran. Perbedaan itu yang sering disebut gaya kognitif. Perbedaan gaya kognitif mempengaruhi kemampuan matematika siswa, salah satunya kemampuan menyelesaikan soal matematika. Kemampuan menyelesaikan soal matematika siswa tentunya berbeda-beda, perbedaan tersebut gaya kognitif.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Profil kesalahan siswa reflektif dalam menyelesaikan soal eksponen berdasarkan tahapan kastolan. 2) Profil kesalahan siswa impulsif dalam menyelesaikan soal eksponen berdasarkan tahapan kastolan.
Penelitian ini dilakukan di MA Ma’arif NU Jenggawah Jember kelas XB berjumlah 20 siswa. Subjek penelitian diambil sebanyak 2 orang yang masing-masing pendekatan bergaya kognitif reflektif dan impulsif. Adapun penentuan gaya kognitif menggunakan Matching Familiar Figures Test (MFFT). Teknik pengumpulan data menggunakan tes penyelesaian soal eksponen matematika sebanyak 2 soal dan wawancara. Analisis data menggunakan model Milles dan
Huberman kesalahan data menggunakan triangulasi waktu dan teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Siswa bergaya kognitif reflektif menyelesaikan soal nomor 1 yang berbetuk fungsi kuadrat melakukan kesalahan tahapan kastolan dengan kesalahan prosedural yaitu kesalahan tanda operasi tambah dan kurang. Siswa gaya kognitif reflektif menyelesaikan soal nomor 2 yang berentuk linear melakukan kesalahan tahapan kastolan dengan kesalahan teknik yaitu salah menulis atau memindahkan konstanta. 2) Siswa gaya kognitif impulsif dalam menyelesaikan soal nomor 1 yang berbetuk fungsi kuadrat dengan
tahapan kastolan terdapat kesalahan disetiap indikator kesalahan kastolan yaitu
kesalahan konseptual, kesalahan prosedural dan kesalahan teknik. Kesalahan konseptual, siswa tidak mengetahui rumus yang digunakan. Kesalahan prosedural, siswa melakukan kesalahan tanda operasi tambah dan kurang. Kesalahan teknik, salah menulis atau memindahkan konstanta. Soal nomor 2 siswa gaya kognitif impulsif melakukan kesalahan konseptual dan teknik. Kesalahan konseptual, siswa tidak mengetahui rumus yang digunakan. Kesalahan teknik, salah dalam menghitung nilai dari suatu operasi dan salah menulis atau memindahkan konstant.
Dapat disimpulkan bahwa siswa bergaya kognitif impulsif lebih banyak melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal dibandingkan siswa bergaya kognitif reflektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010103 Category Theory, K Theory, Homological Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Am inah
Date Deposited: 14 Dec 2023 06:45
Last Modified: 14 Dec 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30277

Actions (login required)

View Item View Item