Pengaruh Pembelajaran Edutainment terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2018/2019.

ISTIQOMAH, NAIMATUL (2019) Pengaruh Pembelajaran Edutainment terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
NAIMATUL ISTIQOMAH_T20151366.pdf

Download (22MB)

Abstract

Dari hasil pengamatan yang dilakukan peneliti sendiri dan wawancara dilakukan pada hari Sabtu tanggal 12 Januari 2019 bersama guru yang dahulunya mengajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung diketahui bahwa hasil belajar peserta didik masih kurang memuaskan, hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII yang masih monoton menggunakan pembelajaran konvensional berupa ceramah, pembentukan kelompok dan tanya jawab kemudian siswa mencatat materi yang ditulis dan mengerjakan soal di LKS yang telah disediakan sekolah. Mengantisipasi permasalahan tersebut, diperlukan inovasi pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan proses dengan menyajikan materi yang menarik, melibatkan siswa dalam pembelajaran sehingga siswa lebih aktif dan hasil belajar bisa memuaskan. Pembelajaran yang diperlukan untuk mengedepankan aktivitas siswa, dimana siswa memperoleh pengalaman secara langsung dan menemukan sendiri permasalahan yang ada disekitarnya. Inovasi pembelajaran yang tepat untuk memecahkan masalah tersebut adalah menggunakan pembelajaran edutainment. Dengan menggunakan pembelajaran edutainment peserta didik akan terlibat secara aktif selama proses pembelajaran dan akan tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Adakah pengaruh pembelajaran edutainment terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VIII SMP Baitul Arqom Tahun Pelajaran 2018/2019? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran edutainment terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di SMP Baitul Arqom Balung Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimental (eksperimen semu) dengan menggunakan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Design yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Baitul Arqom. Dalam penelitian ini tidak menggunakan sampel, dikarenakan jumlah peserta didik yang kurang memenuhi target jika diambil sampel dan teknik sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes formatif, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam melakukan perhitungan statistik menggunakan independent sample t test (t-test polled varians) dengan bantuan PSPP Manual pada taraf signifikasi 5% diperoleh thitung= 4,71 dan ttabel= 2,04 maka thitung> ttabel. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan diterimanya Ha pada pengujian hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menguji kebenaran hipotesis yaitu ada pengaruh pembelajaran edutainment terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas VIII SMP Baitul Arqom Balung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:44
Last Modified: 14 Dec 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30279

Actions (login required)

View Item View Item