Peran Intrakulikuler Pencak Silat Pagar Nusa Dalam Menunjang Pembentukan Mental Siswa Di MI NU 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019

dewi, rusdiana (2019) Peran Intrakulikuler Pencak Silat Pagar Nusa Dalam Menunjang Pembentukan Mental Siswa Di MI NU 1 Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
RUSDIANA DEWI_T20154029.pdf

Download (18MB)

Abstract

Hakikat pencak silat merupakan substansi dan sarana pendidikkan mental spiritual dan sarana pendidikan jasmani yang membentuk manusia yang mampu menghayati dan mengamalkan ajaran falsafah budi pekerti luhur, yaitu manusia sebagai makhluk Tuhan, manusia sebagai makhluk individu, manusia sebagai makhluk sosial dan manusia sebagai alam semesta. Kegiatan pencak silat dapat menunjang pembentukan mental melalui beberapa aspek seperti aspek mental spiritual, olahraga, beladiri, dan kesenian. Fokus penelitian ini meliputi 1). Kegiatan-kegiatan apa yang dilakukan intrakulikuler pencak silat Pagar Nusa di MI NU 1 Purwoharjo dalam membentuk mental, 2). Mental apa yang dapat dibentuk melalui intrakulikuler pencak silat Pagar Nusa di MI NU 1 Purwoharjo, 3). Bagaimana peran intrakulikuler pencak silat Pagar Nusa di MI NU 1 Purwoharjo dalam membentuk mental siswa. Tujuan penelitian ini meliputi 1). Untuk mendeskripsikan kegiatankegiatan di dalam intrakulikuler pencak silat Pagar Nusa di MI NU 1 Purwoharjo dalam membentuk mental siswa, 2). Untuk mendeskripsikan mental yang dibentuk melalui intrakulikuler pencak silat Pagar Nusa di MI NU 1 Purwoharjo, 3). Untuk mendeskripsikan peran intrakulikuler pencak silat Pagar Nusa di MI NU 1 Purwoharjo dalam membentuk mental siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research yang dilaksanakan di MI NU 1 Purwoharjo. Teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaksi Miles dan Hubermen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu 1). Kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam intrakulikuler pencak silat Pagar Nusa meliputi, latihan rutin, pentas seni, dan istighosah, 2). Mental yang dapat dibentuk melalui intrakulikuler pencak silat Pagar Nusa meliputi, percaya diri, berani, disiplin, bertanggungjawab, tidak sombong, mental sosial dan mental spiritual, 3). Peran intrakulikuler pencak silat Pagar Nusa dalam membentuk mental siswa belajar berinteraksi dengan individu lain, dapat membangkitkan bakat-bakat yang terpendam dalam diri siswa, megajarkan untuk hidup rukun dan damai, tidak menyombongkan diri, bertanggungjawab, disiplin, menumbuhkan jiwa spiritual dan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:44
Last Modified: 14 Dec 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30281

Actions (login required)

View Item View Item