Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kasus Bullying Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Al-Alawiyah Karangpring-Sukorambi-Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Ramadhani, Aprilia Putri (2018) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kasus Bullying Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Al-Alawiyah Karangpring-Sukorambi-Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN JEMBER.

[img] Text
Aprilia Putri Ramadhani_084 111 197.pdf

Download (4MB)

Abstract

Akhir-akhir ini kasus akibat kekerasan di sekolah semakin sering di temui baik melalui informasi media cetak maupun yang kita saksikan dilayar televisi, selain tawuran antar pelajar sebenarnya ada bentuk-bentuk agresif atau kekerasan yang mungkin sudah lama terjadi di sekolah-sekolah. Namun tidak dapat perhatian, mungkin bahkan tidak di anggap sesuatu hal yang serius, misalnya bentuk intimidasi dari teman-teman atau pemalakan, pengucilan diri dari temannya, sehingga anak jadi malas pergi ke sekolah karena merasa terancam dan takut. Sehingga bisa menjadi depresi tahap ringan dan dapat mempengaruhi belajar di kelas. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini ialah (1) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kasus Bullying Dalam Perilaku Verbal Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Al-Alawiyah Karangpring-Sukorambi-Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kasus Bullying Dalam Perilaku Nonverbal Di Madrasah Tsanawiyah Satu Atap Al-Alawiyah Karangpring- Sukorambi- Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisi data dalam skripsi ini menggunakan dekriptif kualitatif, melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber dan tringulasi teknik. Hasil penelitian ialah (1) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam perilaku verbal di MTs. SA. Al-Alawiyah Karangpring-Sukorambi-Jember ini terlihat dengan adanya kegiatan- kegiatan yang diadakan pihak sekolah seperti adanya kultum, yang diadakan ba’da sholat dhuha berjamaah, di dalam kegiatan ini siswa wajib mencatat dan menyimpulkan apa yang mereka dengar ketika kultum. Sehingga hal ini meminimalisir kegiatan siswa untuk berinteraksi dengan siswa lainnya, sehingga pembicaraan mereka terbatas karena mereka dituntut untuk fokus mendengarkan dan mencatat apa yang dikatakan atau yang disampaikan oleh pemateri kultum. (2) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam perilaku nonverbal di MTs. SA. Al-Alawiyah Karangpring-SukorambiJember dengan mengadakan anjangsana seminggu sekali. Di dalamnya diisi dengan tahlil dan wejangan dari guru. Sehingga mereka mengetahui bagaimana bermasyarakat dan berinteraksi dengan orang lain. Dengan cara yang baik dan sopan. Dengan adanya anjangsana ini mereka akan mengerti tentang kesetaraan. Tidak memandang teman hanya dengan melihat kaya miskinnya. Melainkan kesetaraan antar teman. Sehingga kesenjangan sosial ini bisa diminimalisir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:44
Last Modified: 14 Dec 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30282

Actions (login required)

View Item View Item