KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI (Studi Tokoh Pemikiran Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Terjemah Ihya’ Ulumuddin Oleh Purwanto)

Nurin, Al-Faidah (2023) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI (Studi Tokoh Pemikiran Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Terjemah Ihya’ Ulumuddin Oleh Purwanto). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
1. cover skripsi-digabungkan (1).pdf

Download (13MB)

Abstract

Dalam skripsi ini di latar belakangi oleh fenomena yang ada pendidikan yang sudah ada di indonesia berjala sekian puluh tahun sejak kemerdekaan disadari lebih menekankan pada dimensi kognitif mecetak manusia-manusia cerdas, terampil, dan mahir telah telah berpretensi melahirkan manusia yang
berkepribadian pecah dan integritas. Tidak mengherankan apabila kebohongan, manipulasi, nepotisme, kerusuhan antar etnis, pembunuhan dan peristiwa lainnya
selalu mewarnai berita di negara ini. Dimensi-dimensi lain seperti afektif dan psikomotorik gagal di implementasikan dalam sistem pendidikan sebagai ciri
profesional yang mengintegrasikan antara intelektual, moral, spiritual tidak
tercermin pada para lulusannya. Dalam kondisi seperti ini hegemoni konsep�konsep pendidikan ala barat sangat sulit bisa dihindari, ini merupakan indikasi
bahwa pendidikan di Indonesia telah mengkhianati amat karena gagal memelihara nilai-nilai yang mengakar pada masyarakat dengan hal ini maka peneliti megkaji ulang pemikiran-pemikiran pendidikan islam khususnya pemikiran Imam Al Ghazali dengan harapan pemikiran beliau yang emandang pentingnya dimensi pendidikan yaitu tujuan dalam pendidikan disitu mendekatkan diri kepada allah sehingga dalam menuntut ilmu mendapatkan ilmu yang barokah dan bermanfaat bagi bangsa dan negara
Fokus dalam penelitian adalah 1) bagaimana konsep pendidikan perspektif Imam Al-Ghazali (Studi Tokoh Pemikiran Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Terjemah Ihya’ulumuddin Ole Purwanto) ? Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan Konsep Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali (Studi
Tokoh Pemikiran Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Terjemah Ihya’ulumuddin Oleh Purwanto). Manfaat penelitian Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah pemahaman, Secara praktis kajian ini bagi penulis merupakan
persyaratan untuk menyelesaikan Pendidikan Strata 1 (S-1) Progam Tarbiyah Pendidikan Agama Islam IAIN Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analisis dan jenis penelitiannya dengan (library reseach) yakni bersifat statemen atau pernyataan serta opsi-opsi yang dikemukakan oleh para cendikiawan sebelumnya.
dalam tehnik pengumpulan datanya menggunakan metode dokumentasi dan berbagai pustaka bai primer maupun sekunder, tehnik Analisis datanya
menggunakan dokumentasi, tehnik analisis datanya menggunakan content analisis dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber
Hasil dalam penelitian dalam skripsi yang di teliti oleh peneliti disitu: 1) pengertian ilmu, 2) keutamaan ilmu, 3) klasifikasi ilmu, 4) pendidikan islam
perspektif Imam Al-Ghazali, 5) Ada beberapa tahapan dalam pendidikan yang
memuat: a) dasar pendidikan, b) tujuan pendidikan, c) subyek pendidikan, d)
kurikulum pendidikan, e) metode pendidikan, f) evaluasi pendidikan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Syafira Salsabila
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:34
Last Modified: 14 Dec 2023 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30283

Actions (login required)

View Item View Item