Penguatan Materi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2018/2019.

kudsiyah, mafidatul (2019) Penguatan Materi Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Zainul Hasan Balung Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
MAFIDATUL KUDSIYAH_T20151183.pdf

Download (9MB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Zainul Hasan Balung merupakan sekolah swasta di bawah naungan yayasan Zainul Hasan Balung yang terkenal dengan Brand religiusnya. Sehingga walaupun SMK sekolah yang menganut dinas pendidikan, namun untuk kegiatan yang berbasis keagamaan juga tidak ditinggalkan, hal inilah yang membedakan dengan SMK lain di kecamatan Balung. Melihat di zaman millenial saat ini yang minim sekali karakter baik yang teraplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, maka pendidikan agama Islam siswa perlu diperkuat lagi dengan pendidikan yang tidak hanya sekedar teori namun juga dengan metode lain seperti halnya praktik mandiri dan sosiodrama sebagai penguat materi pendidikan agama Islam siswa. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana penguatan materi tentang Fikih bab Membangun Mahligai Rumah Tangga di SMK Zainul Hasan Balung Kelas XII-TKJ Tahun Pelajaran 2018/2019? (2) Bagaimana penguatan materi tentang akhlak bab Sayang, Patuh dan Hormat kepada Orang Tua dan Guru di SMK Zainul Hasan Balung Kelas X-TKJ Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penguatan materi tentang Fikih bab Membangun Mahligai Rumah Tangga dan materi tentang akhlak bab Sayang, Patuh dan Hormat kepada Orang Tua dan Guru di SMK Zainul Hasan Balung Kelas X-TKJ Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang akan digunakan adalah penelitian Field Research- Fenomenologi. Sehingga peneliti dapat memahami semaksimal mungkin pengalaman-pengalaman partisipan yang telah diteliti serta dapat mencapai kebenaran terhadap fenomena-fenomena realitas di lapangan secara natural. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data yaitu menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah (1) penguatan materi tentang Fikih bab Membangun Mahligai Rumah Tangga di SMK Zainul Hasan Jember Kelas XIITKJ menggunakan metode yang terdiri tanyajawab, ceramah, hafalan, demonstrasi. Menggunakan Media cetak, yaitu buku LKS dan buku tugas, kertas karton yang digunakan untuk membuat peta konsep. Media komputer yang berupa aplikasi Power Point, audio-visual dan Vegas Pro. Sedangkan evaluasinya menggunakan tes lisan, tes Formatif dan evaluasi sumatif. (2) Penguatan materi tentang akhlak bab Sayang, Patuh dan Hormat kepada Orang Tua dan Guru di SMK Zainul Hasan Jember Kelas X-TKJ yaitu menggunakan metode tanyajawab, ceramah, hafalan, sosiodrama, pembiasaan dan hukuman. Media yang digunakan media cetak dan media komputer. Sedangkan evaluasinya yaitu evaluasi formatif dan sumatif serta tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anak PSG
Date Deposited: 14 Dec 2023 03:44
Last Modified: 14 Dec 2023 03:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/30284

Actions (login required)

View Item View Item